PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN SEPEDA MOTOR KELAS XI TEKNIK SEPEDA MOTOR (TSM) DI SMK NEGERI 2 PAYAKUMBUH

Ifta Hadi - Universitas Negeri Padang
Donny Fernandez - Universitas Negeri Padang
Wagino Wagino - Universitas Negeri Padang

Abstract


ABSTRAK

Pokok permasalahan penelitian ini adalah proses pembelajaran Pemeliharan Mesin Sepeda Motor. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran di kelas terlihat masih rendah. Sebagian besar siswa juga mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan oleh peneliti adalah menerapkan model pembelajaran Kooperatif Learning tipe Group Investigation  untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pemeliharan Mesin Sepeda Motor kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 2 Payakumbuh. Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action research) yang dilakukan di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 2 Payakumbuh pada pembelajaran Pemeliharan Mesin Sepeda Motor dengan jumlah siswa 24 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata persentase hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I adalah 62.50%, dan pada siklus ke II meningkat menjadi 83.33% . Selanjutnya aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 76.33%, dan pada siklus II meningkat menjadi 87.27%. Hal ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Terbukti bahwa pembelajaran Kooperatif Learning tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor Pada pembelajaran Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor di SMK Negeri 2 Payakumbuh.

Kata kunci :

Model Pembelajaran, Kooperatif Learning Tipe Group Investigation,  Hasil Belajar

 

ABSTRACT

The main problem of this research is learning process of Motorcycle Machine Maintenance. Student learning outcomes in classroom learning are still low. Most students also have difficulty in understanding the lesson. One of the efforts undertaken by the researchers is to apply cooperative learning model of Group Investigation learning model to be able to improve student learning outcomes on learning Maintenance of Motorcycle Machinery class XI Motorcycle Engineering SMK Negeri 2 Payakumbuh. The research was Classroom Action Research conducted in SMK Negeri 2 Payakumbuh. The subjects of the study were students of class XI Motorcycle Engineering SMK Negeri 2 Payakumbuh on learning Motorcycle Maintenance with the number of students 24 people. Research data was collected through observation and learning result test. The results showed that the average percentage of student learning outcomes that completed in cycle I was 62.50%, and in the second cycle increased to 83.33%. Furthermore, student learning activity in cycle I is 76.33%, and in cycle II increased to 87.27%. This shows an increase in learning outcomes and student learning activities. Proven that Cooperative Learning Group Investigation Group learning can improve learning outcomes and learning activities of students of class XI Motorcycle Engineering On learning Maintenance Motorcycle Machine at SMK Negeri 2 Payakumbuh.

Keywords:

Learning Model, Cooperative Learning Type Group Investigation, Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi .2007. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Dimyati. 2002. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Istarani.2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Kunandar.2015.Penilaian Autentik.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nur, Mohamad.2011. Model Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika sekolah UNESA.

Oemar, Hamalik. 2011. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman.2012. Model-Model Pembelajaran: Pengembangan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sagala, Syaiful, 2011. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alpabeta

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Slavin,R.E.2009.Cooperative Learning Teori,Riset Dan Praktik, (penerjemah Nurulita), Bandung: Nusa Media.

Suprihatinigrum, Jamil.2016. Srategi Pembelajaran, Teori & Aplikasi. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suyono Harianto.2012.Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Taniredja, Faridli.2012. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta

Trianto.2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovati-Progresif. Jakarta:Prenada Media Group