PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TYPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MEMPERBAIKI SISTEM STARTER DAN PENGISIAN KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMKN 2 LUBUK BASUNG

Febra Yulisman - Universitas Negeri Padang
Martias Martias - Universitas Negeri Padang
Wagino Wagino - Universitas Negeri Padang

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak terdapatnya prestasi belajar siswa yang belum mencapai KKM pada mata pelajaran Memperbaiki Sistem Starter dan Pengisian kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya prestasi belajar siswa adalah proses pembelajaran yang tidak menarik dan cenderung membosankan serta belum efektifnya model pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan Randomize Control Group Only Design. Sampel penelitian yaitu kelas XI TO 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran type think pair share (TPS) dan kelas XITO 3 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Data penelitian ini merupakan prestasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada ranah kognitif yang diperoleh dari nilai tes akhir. Prestasi belajar kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran type think pair share (TPS) memperoleh nilai rata-rata 83 dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional nilai rata- ratanya 78,12. Setelah dilakukan uji-t pada taraf nyata 0,05 diperoleh thitung sebesar 3,29 sedangkan ttabel sebesar 1,677. Hal ini berarti thitung> ttabel, maka hipotesis penelitian diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar siswa mata pelajaran Memperbaiki Sistem Starter dan Pengisian pada pokok bahasan Mengidentifikasi Sistem Pengisian kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Lubuk Basung.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Memperbaiki Sistem Starter dan Pengisian,          Prestasi Belajar

 

ABSTRACK

 

This research is motivated by there are still many students achievement that have not reached KKM in the subject of Fixing Starter System and Charging XI Class of Light Vehicle Technique at SMK Negeri 2 Lubuk Basung. One of the factors that affect the low achievement of students is the learning process is not interesting and tend to be boring and not effective learning model applied by teachers. The type of this research is Quasi Experiment with Randomize Control Group Design Only design. The research sample is class XI TO 1 as experimental class using the model of Think Pair Share (TPS) and class XI TO 3 as control class using conventional learning model. The data of this study is the learning achievement of the students of the experimental class and the control class in the cognitive domain obtained from the final test score. The learning achievement of the experimental class applying the Think Pair Share (TPS) learning model obtained an average score of 83 and the control class with conventional learning the average score of 78.12. After the t-test at the real level of 0.05 obtained t count of 3.29 while the ttabel of 1.677. This means thitung> ttable, then the research hypothesis is accepted, so it can be concluded that there is improvement of student learning achievement subjects Improving Starter System and Charging on the subject Identify Charging System class XI Light Vehicle Engineering in SMK Negeri 2 Lubuk Basung.

 

Keywords: Think Pair Share (TPS) Learning Model, Fixing Starter System and charging, Learning Achievement.

Full Text:

PDF

References


Anita, Lie. 2002. Cooperative Learning, Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia Sarana Indonesia.

Bungin, Burhan. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Kencana.

Martono, Nanang. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Persada Media Group.

Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistik. Bandung : Tarsito.

Sugiyono. 2012. Statitiska untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2011. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasioalnya. Jakarta : Bumi Aksara.

Trianto. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.