KONTRIBUSI KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR)DI SMK NEGERI 2 PAINAN

Deri Antoni - Universitas Negeri Padang
Hasan Maksum - Universitas Negeri Padang
Irma Basri - Universitas Negeri Padang

Abstract


ABSTRAK

 

Kreativitas belajar siswa adalah kemampuan berpikir siswa dalam belajar atau pada proses belajar mengajar. Hasil belajar adalah tingkat keberhasilan yang dicapai oleh siswa dari usaha belajar,untuk mengukur penguasaan siswa terhadap tujuan pengajaran.Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional.Subjek penelitian adalah sebanyak 42 siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan.Alat pengumpul data adalah angket. Data diolah dengan menggunakan Microsoft excel. Teknik analisis data menggunakan: (1) analisis deskriptif yaitu dengan mencari skor mean, standar deviasi, range skor minimum dan maksimum serta persentase. (2) uji persyaratan analisis yaitu dengan uji normalitas dan linearitas. (3) pengujian hipotesis statistik yaitu dengan uji korelasi dan uji keberatian korelasi.Temuan penelitian tentang kontribusi kreativitas belajar terhadap hasil belajar yaitu: (1) persentase kreativitas belajar adalah 73,28% dan termasuk kategori cukup tinggi. (2) persentase hasil belajar adalah 70,55 % dan termasuk kategori cukup baik. (3) kreativitas berkontribusi terhadap hasil belajar yaitu dengan klasifikasi harga r hitung > r tabel ( >0.304), dengan arti kata terdapat hubungan cukup kuat (0,446) antara keduanya yang berarti. Dengan keberartian t hitung > t tabel 2.021 pada taraf signifikan 5%.

 

Kata Kunci : Kreativitas Belajar, Hasil Belajar Siswa.

 

ABSTRACT

 

Student learning creativity is the ability to think students in learning or in the process of teaching and learning. Learning outcomes are the success rates achieved by students of the learning effort, to measure students' mastery of teaching objectives. This type of research is correlational research. The subjects of the study were 42 students of Class X Light Vehicle Engineering. The data collection tool is a questionnaire. Data is processed by using Microsoft excel. Data analysis techniques use: (1) descriptive analysis that is by finding the mean score, standard deviation, range of minimum and maximum score and percentage. (2) test requirement analysis that is with test of normality and linearity. (3) statistical hypothesis testing that is by correlation test and correlation test of death. Research findings about the contribution of learning creativity to the learning outcomes are: (1) the percentage of learning creativity is 73.28% and includes quite high category. (2) the percentage of learning outcomes is 70.55% and the category is quite good. (3) creativity contribute to learning outcomes by classification of price r arithmetic> r table (0.446> 0.304), with the meaning of the word there is a strong enough relationship (0.446) between the two means. With significance t arithmetic 3.1514> t table 2.021 at a significant level of 5%.

 

Keywords :Learning Creativity, Student learning outcomes.

Full Text:

PDF

References


Peraturan Pemerintah (PP) No. 29 Tahun 1990, Pasal 3 ayat 2. Tentang Pendidikan Menengah.

Daryanto. 2009. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Apollo.

Hurlock, Elizabeth B. 1997. Perkembangan Anak Jilid 2 (Meitasari Tjandrasa Terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Julius Chandra. 1994. Kreativitas Bagaimana Menanam, Membangan, Membangun,DanMengembangkannya. Yogyakarta: Kanisius.

Utami Munandar. 2004. Strategi Mewujudkan Potensi dan Bakat Dalam Kreativitas Dan Keberbakatan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Buchori Alma. 2007. Kewirausahaan. Bandung: CV Alfabeta.

Utami Munandar. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Renika Cipta.

Oemar Hamalik. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Nana Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: rineka cipta.

Sumardi Suryabrata. 2002. Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi. Andi Oofset.

Harun Rasyid dan Mansyur. 2009. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: wacana prima.

Novi Anggraini. 2010. Konstribusi Kreativitas dan Penggunaan Sarana Prasarana Laboratorium terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi (KKPI) siswa kelas X Jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 1 Bangkinang. Laporan Penelitian.

Suharsimi Arikunto .2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.