EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 1 BUKITTINGGI

Davit M - Universitas Negeri Padang
Andrizal Andrizal - Universitas Negeri Padang
Irma Basri - Universitas Negeri Padang

Abstract


 

ABSTRAK

 

Penelitian ini membahas tentang efektifitas penggunaan metode pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif kelas X TKR di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran Quantum Learning dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran ceramah dan untuk menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi-eksperimen, populasi penelitian ini adalah siswa kelas X teknik kendaraan ringan semester 1 Juli-Desember 2017 SMK Negeri 1 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2017/2018, yang berjumlah 54 orang. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar berbentuk objektif. Tes berjumlah 30 butir soal yang telah diuji validitas dan realibilitasnya, untuk menguji hipotesis menggunakan uji t kesamaan dua rata-rata. thitung  (5,26)>ttabel  (2,0066)danpersentaseefektifitasnya17,03%.Darihasilpenelitiandiperolehnilai rata-ratahasilbelajarkelaseksperimen89,87dan76,79untukkelaskontrol.Dengandemikian dapatdisimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Bukittinggi efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

 

KataKunci:Metode PembelajaranQuantum Learning, MotodeCeramah,Hasil Belajar

 

ABSTRACT


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

_______ ________. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

_______ ________. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

DePorter, Bobbi.et al. 2010. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning Di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Penerbit Kaifa.

DePorter, Bobbi & Mike Hernacki. 2001. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Penerbit Kaifa.

Devies, Ivor K. 1991. Pengelolaan Belajar. United Kingdom: McGraw-Hill Book Company (UK) Limited.

Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Margono. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, cv.

Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

_______, ____. 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito Bandung.

_______, ____. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sunhaji. 2008. “Strategi Pembelajaran: Konsep dan Aplikasinya”. Jurnal Alternatif Pendidikan. Hlm. 2-3.

Sutikno, Sobri. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect.

Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Widodo. (2013). “Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Based Learning pada Siswa Kelas VII A MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013”. Jurnal Fisika Indonesia. Hlm. 34.

Yazid, A. (2011). Kevalidan, Kepraktisan, dan Efek Potensial Suatu Bahan Ajar. Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya