PENGEMBANGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) UNTUK IMPLEMENTASI E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN KELISTRIKAN BODI SMK N 8 PADANG PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN

Nazarian Nazarian - Universitas Negeri Padang
Wakhinuddin S - Universitas Negeri Padang
Hasan Maksum - Universitas Negeri Padang

Abstract


Intisari— Penelitian dilatarbelakangi masih kurangnya inovasi guru dalam mengajar sehingga siswa kurang termotivasi mengikuti pelajaran. Disebabkan kuranganya media pembelajaran yang bervariasi. Diperlukan suatu media pembelajaran dengan dikembangkannya Learning Management System (LMS) yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D, yaitu Define, Design, Develop, Disseminate. LMS divalidasi oleh 5 orang validator dan praktikalitas oleh 2 orang guru dan 27 siswa kelas X TKR2 SMK N 8 Padang. Validitas LMS yang dihasilkan memiliki nilai rata-rata 94,7% kriteria sangat valid dan praktikalitas LMS oleh guru 91,66% kriteria sangat praktis, untuk siswa nilai praktikalitasnya adalah 91,07 kriteria sangat praktis. Pengembangan LMS ini efektif digunakan dengan siswa yang lulus KKM rata-rata sebanyak 88,88% dengan kriteria efektif.     

Kata kunci— Pengembangan, Learning Management Sytem(LMS)

 

Abstract— The backround of this research is because of lack innovation from teachers in learning procces, so that make students less motivated to follow the lesson. Because of the lack of  variety of learning media, there is a require of learning media with the development of  LMS that is valid, practical and effective. The type is this research is developmental research that is use 4D model ; define, design, develop, disseminate. LMS validated by 5 Validator, and the practicality by 2 teachers and 27 students of TKR 2 class in SMK N 8 Padang. The LMS validity have an average valve 94,7% very valid criteria and the LMS practicality by teachers 91,66% very practice criteria for students, the practicality valve is 91,07% very practice criteria. The development of this LMS is very effective used by students that is past the KKM with the average 88,88% with effective criteria.

Keywords : development, LMS


Full Text:

PDF

References


Asyar, Riyandra 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Komplek mengamal

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta. Dektorat Jendral Menajemen Pendidikan Dasar dan Menengah

Meltzer. 2002. The Relationship Between Mathematics Preparation and Conseptual Learning Gain in Physics: a Possible “Hidden Variable” in Diagnostic Pretest Score Departement of Physic and astronomy : Iowa State University.

Prastowo, Andi 2011. Paduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva press

Sudarno Putra, D., Nasir, M., & Yulia Basr, I. (2013). Kajian Deskriptif Pemanfaatan Internet oleh Mahasiswa di Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang pada Tahun 2012. Jurnal Elektron, 5(2), 55-60

Sudjana, Nana. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Rosda.

_____________.2011. Media Pengajaran. Jakarta : Sinar baru Algesindo.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2009. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Sukardi. 2011. Evaluasi Pendidikan, Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta : PT.

Bumi Aksara.

Syah, Muhibbin. 2007. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung:

PT Remaja Rosdakarya.

Trianto, 2010. Mendesain model pembelajaran inovatif- progresif . Jakarta : Kencana Penada Media Grup