PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SISTEM PENGAPIAN KELAS XI TKR SMKN 2 MUARA BUNGO

Besty Leader - Universutas Negeri Padang
Martias Martias - Universitas Negeri Padang
Wagino Wagino - Universitas Negeri Padang

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi prestasi dan keaktifan belajar siswa yang rendah, dikarenakan siswa pasif. Kondisi siswa seperti ini disebabkan ketika proses pembelajaran guru masih bersifat konvensional dengan metode ceramah. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Sistem Pengapian kelas XI TKR SMKN 2 Muara Bungo.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR SMKN 2 Muara Bungo yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan soal evaluasi dan lembar observasi. Soal evaluasi digunakan untuk mengetahui penguasaaan siswa terhadap materi yang telah dipelajari sedangkan lembar observasi digunakan untuk mengetahui aktifitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri.  Teknik analisis data pada penelitian ini dengan meggunakan teknik analisis kuantitatif. Analisis keaktifan dengan menggunakan teknik persentase sedangkan analisis hasil prestasi belajar dengan menggunakan rata-rata nilai hasil evaluasi.Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil penelitian sebagai berikut;(1) pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari data siklus I persentase keaktifan siswa yaitu sebesar 62,5%, sedangkan siklus II yaitu sebesar 83,33% jadi peningkatan keaktifan belajar siswa sebesar 20,83%; (2) pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I sampai siklus II. Rata-rata prestasi belajar siswa siklus I sebesar 68,33dan siklus II sebesar 80,21 jadi peningkatan rata-rata prestasi belajar sebesar 11,88 %. Dengan demikian dapat disimpulkam bahwa model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas XI TKR SMKN 2 Muara Bungo.

 

Kata Kunci

Keaktifan belajar, prestasi belajar, model inkuiri

 

ABSTRACT

The background of this research is the student’s result of the study and activity are low, because the students are passive. This condition because when the learning process teacher still use convensional lecture. The purpose of the research is to founds progress learning active and result of study, couse ignition system for students class XI TKR vocational high school 2 Muara Bungo. The type of the research is classroom action research. Subject of this research is twenty four students in class XI TKR SMKN 2 Muara Bungo. The research’s technique use evaluation test and observation. Evaluation test use for knowing student’s ability of the lesson, whereas observation use for knowing student’s activity in class use inqury model. Technique of data analysis in this research use technique kuantitative analysis. Analysis for student’s activity use percentage analysis  whereas to result study use mean of the result evaluation test. According analysis the result of this research; (1) inquiry model can increase the student’s activity, from 1’st cycle data percentage of the student’s activity is 62.5% whereas 2’nd cycle is 83.33% so enhancement of student’s activity is 20.83%; (2) inquiry model can incrase the result of the student’s study, from 1’st cycle until 2’nd cycle. Mean of the result study in 1’st cycle is 68.33 and 2’nd cycle is 80.21 so enhancement of the mean result study is 11.88%. the conclusion is inquiry model can increase the student’s ctivity and the result of the student’s study of class XI TKR SMKN 2 Muara Bungo.

 

Keywords

student’s activity, result of study, inquiry model.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta Rineka Cipta

Departemen Pendidikan Nasional.2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama

Dimyati, Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik ,Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Purwanto, Ngalim. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Beroirentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

W. Gulo. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana