PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF SISWA SMK NEGERI 1 PADANG
Abstract
ABSTRAK
Penelitian membahas tentang pengaruh metode pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar mata pelajaran teknologi dasar otomotif siswa SMK Negeri 1 Padang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran problem based learning dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan metode ceramah. Jenis penelitian adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, sampel penelitian adalah siswa kelas X teknik kendaraan ringan semester 1 Juli-Desember 2017 SMK Negeri 1 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018, yang berjumlah 62 orang. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar berbentuk objektif. Tes berjumlah 25 butir soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, untuk menguji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran problem based learning sebesar 81,38 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah sebesar 74,53. Hasil uji t diperoleh thitung (2,63) > ttabel (2,00030) dan persentase pengaruh 9,19 %. Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh penerapan metode pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar mata pelajaran teknologi dasar otomotif siswa SMK Negeri 1 Padang.
.
Kata Kunci:
Metode Problem Based Learning, Hasil Belajar
ABSTRACT
This study discusses the influence the methods of Problem Based Learning on the learning outcomes of the basic technology automotive student SMK Negeri 1 Padang. The purpose of this research is to know the difference of student learning outcome which by using methods Problem Based Learning with student learning outcome by usinglecture method. The type of research is experiment method with quantitative approach, the sample in this study is 62 students of class X Competence Automotive Vehicle Engineering semester 1 July-december 2017 SMK Negeri 1 Padang lesson year 2017/2018. The instrument of research is objective test learning outcome. The test amounted to 25 items of questions that have been tested for validity and reliability, to test the hypothesis using a test t. From the research result it is got mean value of use problem based learning methods 81,38 while mean value of lecture methods 74,53. Result t test obtained t count (2,63) > t table (2,00030) and percentage of influence 9,19 %. Therefore can be concluded there is influence of the application of problem based learning method to learning outcome of student basic technology automotive SMK Negeri 1 Padang.
Keywords:
Problem Based Learning Method, Learning OutcomesFull Text:
PDFReferences
Anas Sudijono. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
Dimyati dan Mudjiono.(2006:200). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Oemar Hamalik. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Trianto. 2009. Mendesaian Model Pembelajaran Inovatif-Progresif : Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Tukiran Taniredja,&Faridli Miftah. 2014. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta
UNP. 2014 Buku Panduan Penulisan Tugas Akhir/Skripsi Universitas Negeri Padang. Padang.: UNP
Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Zahara Djaafar. 2001. Kontribusi Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar. Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan UNP