PERBANDINGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DAN METODE CERAMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT KETERAMPILAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF SISWA KELAS X JURUSAN OTOMOTIF SMK NEGERI 2 SOLOK

Aries Prasetyo - Universitas Negeri Padang
Andrizal Andrizal - Universitas Negeri Padang
Wagino Wagino - Universitas Negeri Padang

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang perbandingan penerapan metode pembelajaran student teams achievement division dan metode ceramah terhadap prestasi belajar mata diklat keterampilan dasar teknik otomotif siswa kelas X Jurusan Otomotif SMK Negeri 2 Solok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan membandingkan prestasi belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran ceramah dan STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Sampel penelitian yaitu kelas X TKR 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 orang dan X TKR 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 orang. Disain penelitian yang digunakan adalah nonrandomized control group pretest posttest design. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban. Berdasarkan hasil penelitian diketahui rata-rata nilai posttest kelas eksperimen X TKR 3 adalah 72,3 sedangkan rata-rata nilai posttest kelas kontrol X TKR 2 adalah 66,8. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t didapatkan nilai thitung > ttabel yaitu 2,132 > 2,002 sehingga H0 ditolak, atau dengan kata lain terdapat perbedaan prestasi belajar siswa kelas X Jurusan Otomotif SMK Negeri 2 Solok pada mata diklat KDTO yang diajar menggunakan metode pembelajaran STAD dan metode ceramah. Sedangkan persentase pengaruh penggunaan metode pembelajaran STAD sebesar 8,24%.

 

Kata Kunci :

Perbandingan, STAD, Metode Ceramah

 

ABSTRACT

This study discusses the comparison of student learning methods student achievement divisions and lecture methods on the achievement of learning Keterampilan Dasar Teknik Otomotif students of class x  Automotive SMK Negeri 2 Solok. The purpose of this study is to describe and compare student achievement using learning methods of lectures and STAD. This type of research is quasi experimental research. The sample of research is class X TKR 3 as experiment class which amounted to 28 people and X TKR 2 as control class which amounted to 31 people. The research design used was nonrandomized control group pretest posttest design. The research instrument used in the form of multiple choice questions with four alternative answers. Based on the result of research, it is known that the average of posttest grade of experiment X TKR 3 is 72.3 with standard deviation of 8.8 whereas the mean value of posttest of control class X TKR 2 is 66,8 with standard deviation of 10.8. After the hypothesis test using t test is obtained tcount> ttable that is 2.132> 2.002 so H0 rejected, or in other words there are differences in student achievement class X Automotive SMK Negeri 2 Solok in the KDTO training taught using STAD learning method and lecture method. While the percentage of influence use STAD learning method by 8.24%.

 

Keywords :

Comparison, STAD, Lecture Methods


Full Text:

PDF

References


Asma, Nur. 2012. Model Pembelajaran Kooperatif. Padang : UNP Press.

Hamdu, Ghullam. Agustina, Lisa. 2011. “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar”. Jurnal Penelitian Pendidikan. No 1. Hlm. 83.

Khodijah, Nyanyu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.

Ramlah, dkk. 2014. “Pengaruh Gaya Belajar Dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Survey Pada SMP Negeri Di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang)”. Jurnal Ilmiah Sosial. No 3. Hlm. 69.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung : Raja Grafindo Persada.

Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. rev.ed. Jakarta : Rajawali Pers.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta : Kencana.