KONTRIBUSI PENGALAMAN AFEKTIF PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN SISWA MEMASUKI DUNIA KERJA KELAS XII JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK N 1 TILATANG KAMANG

Andrey Rahman - Universitas Negeri Padang
Hasan Maksum - Universitas Negeri Padang
Dwi Putra - Universitas Negeri Padang

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini membahas tentang kontribusi pengalaman afektif Paktik Kerja Industri terhadap kesiapan siswa memasuki dunia kerja kelas XII jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK N 1 Tilatang Kamang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap hubungan antara Pengalaman Afektif Praktik Kerja Industri dengan kesiapan siswa memasuki dunia kerja kelas XII Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK N 1 Tilatang Kamang, mengetahui hubungan pengalaman Afektif Praktik Kerja Industri dengan Kesiapan siswa menghadapi dunia kerja Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK N 1 Tilatang Kamang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal komparatif (ex post facto). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK N 1 Tilatang Kamang dan pembimbing siswa di dunia usaha (bengkel). Data dikumpulkan melalui angket dengan responen 32 orang siswa terdiri dari 15 orang siswa XII TKR 1 dan 17 orang siswa XII TKR 2 sedangkan pembimbing di lapangan terdiri dari 13 orang instruktur. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui pengalaman afektif Praktik Kerja Industri berkontribusi positif dan signifikan, hubungan kedua variabel menunjukan koefisien korelasi r hitung 0,407 > r tabel 0,361 dan t hitung 2,4405 > t tabel 2,0423 pada taraf signifikan 5%. Kekuatan kontribusi pengalaman afektif Praktik Kerja Industri terhadap kesiapan siswa menghadapi dunia kerja kelas XII jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK N 1 Tilatang Kamang sebesar 0, 407 (r = 0,407) dengan tingkat kontribusi cukup kuat. Besarnya kontribusi variabel x terhadap variabel y adalah sebesar 16,7%. Dapat disimpulkan bahwa variabel pengalaman afektif Praktik Kerja Industri memberi kontribusi yang cukup signifikan terhadap kesiapan siswa memasuki dunia kerja.

 

 

Kata Kunci

Kontribusi, Pengalaman Afektif Praktik kerja Industri, Kesiapan Siswa Memasuki Dunia Kerja

 

 

ABSTRACT

 

This study discusses the contribution of affective experience of Industrial Work Practice towards students' readiness to enter the working world class XII Department of Light Vehicle Engineering in SMK N 1 Tilatang Kamang. The purpose of this study is to reveal the relationship between Affective Experience of Industrial Work Practice with the readiness of students entering the working world class XII Department of Light Vehicle Engineering at SMK N 1 Tilatang Kamang, knowing the relationship Affective experience Industrial Practice with Readiness students facing the working world Department of Light Vehicle Engineering at SMK N 1 Tilatang Kamang.  This type of research is a comparative causal research (ex post facto). The subjects of this research are class XII students of Light Vehicle Engineering Department at SMK N 1 Tilatang Kamang and student counselor in business world (workshop). The data were collected through questionnaire with respondents 32 students consisting of 15 students XII TKR 1 and 17 students XII TKR 2 while the field supervisor consisted of 13 instructors. Data were analyzed using descriptive analysis of quantitative data. Based on the results of the study known affective industry work practice affective positive and significant, the relationship of both variables showed the correlation coefficient r arithmetic 0.407> r table 0.361 and t arithmetic 2.4405 > t table 2.0423 at 5% significant level. The strength of the contribution of affective experience of Industrial Work Practice to the readiness of students facing the working class of XII Department of Light Vehicle Engineering in SMK N 1 Tilatang Kamang amounted to 0, 407 (r = 0.407) with the contribution rate strong enough. The amount of contribution of variable x to variable y is equal to 16,7%. It can be concluded that the affective experience variable of Industrial Work Practices contributed significantly to the readiness of students entering the workforce.

 

 

 

Keywords

Contributions, Affective Experience Industrial Work Practices, Readiness of Students Entering the World of Work


Full Text:

PDF

References


Nana Sudjana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ella Yulaelawati. 2002. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press

Gulo, W. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Ella Yulaelawati. 2002. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press

Gulo, W. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Ella Yulaelawati. 2002. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press

Gulo, W. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Ella Yulaelawati. 2002. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press

Gulo, W. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo

Hamalik, Oemar. 2001. Pengembangan Sumber Daya Mansia Manajemen Pelatihn Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2001. Pengembangan Sumber Daya Mansia Manajemen Pelatihn Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Jeckson. 2014. Kontibusi pengalaman Praktik Kerja Industri dan Kemampuan

Berkomunikasi Terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa SMK Yapema Gadingrejo Lampung. Tesis

Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Gulo, W. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewa Ketut. 1993. Bimbingan Karir disekolah-sekolah. Jakarta: Pusat Bahasa.

Kartini, Kartono. 1991. Menyiapkan dan Memandu Karier. Jakarta: Rajawali Press.

Dewa Ketut. 1993. Bimbingan Karir disekolah-sekolah. Jakarta: Pusat Bahasa

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta.

Umar, Husein. 2005. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Gafindo Persada.

Suharsimi Arikunto. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Riduwan. 2014. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Umar, Husein. 2005. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Gafindo Persada.