HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA XI OTOMOTIF MATA DIKLAT SISTEM REM SMK NEGERI 1 BONJOL

Eko Driber - Universitas Negeri Padang
Hasan Maksum - Universitas Negeri Padang
Erzeddin Alwi - Universitas Negeri Padang

Abstract


 

The purposeof this studywas torevealthe relationship between student’s interest on learning outcomes of student lesson brake system in class XI Otomotif at SMK Negeri 1 Bonjol. Theresearch hypothesis is that there is a significant relationship between student’s interest on learning outcomes of student lesson brake system in class XI Otomotif at SMK N 1 Bonjol.Thesamplingtechniqueis the technique of Proportional random samplingto obtaina sample of41students.This study isdescriptivecorrelational. The type of data required in the studyis primary data and secondary data. Primary data is data obtained directly from respondent’s interest learning, while secondary data was obtained student learning out comes of training teachers Brake System. Data were analyze dusing SPSS (Statistical Product and Service Solution) version 15.0. From the results obtained, there is a significant relationship between student’s interest on learning outcomes of student lesson is 0,618 and it gaves contribution to 38,2%. This study shows the higer the student’s interest of learning outcomes will be higer as well.

 

Keyword :InterestsLearning, Outcomes learning

  

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI Otomotif di SMK N 1 Bonjol pada Mata Diklat Sistem Rem, dimana sekitar 63.77% siswa mendapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan Hubungan antara Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Otomotif pada Mata Diklat Sistem Rem. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah 1) terdapat hubungan secara signifikan antara minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini melibatkan 41 responden siswa kelas XI otomotif di SMK N 1 Bonjol.

Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportional stratified random sampling. Data hasil belajar diperoleh dari guru Mata Diklat Sistem Rem, data ini merupakan cerminan hasil belajar siswa. Sedangkan data minat belajar dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data dianalisis menggunakan metode statistik untuk analisis korelasi.

Hasil analisis data menunjukkan terdapat hubungan secara signifikan antara Minat Belajar terhadap hasil belajar siswa dengan tingkat hubungan yang tinggi yaitu 0.618 dan besarnya sumbangan yang diberikan 38,2%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara minat belajar terhadap hasil belajar, Semakin tinggi minat belajar siswa maka hasil belajar akan semakin tinggi pula.

 

Kata Kunci : Minat Belajar, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Dimyati&Mudjiono.(2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Gie, The Liang. (2002). Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta : Liberty.

Hasbullah. (2008). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Hamalik, Oemar. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Muhibbin,Syah. (2004). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.Jakarta:Logos Wacana Ilmu.

Musafir.(2009). “Kontribusi Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Produktif Kelas ITeknik Audio Vidio Smk Lilawangsa Sigli.”Skripsitidakditerbitkan.PPs-UNP.

Riduwan.(2005). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula.Bandung :Alfabeta

Sardiman.(2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rev.ed. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto.(2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta Rineka Cipta.

Sudjana.(2002). MetodeStatistika. Bandung: PT. Tarsito.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

(2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Universitas Negeri Padang.(2007). Buku Panduan Penulisan Tugas Akhir/Skripsi.Padang : UNP.

Winkel, Ws. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.