HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 TANJUNG RAYA
Abstract
Intisari— Penelitian ini berawal dari observasi yang penulis lakukan di SMK N 1 Tanjung Raya. Rendahnya hasil belajar pada kelas X SMK N 1 Tanjung Raya, tidak terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhi diantaranya minat belajar yang kurang. Dengan minat belajar yang baik maka akan mampu mengoptimalkan kemampuan belajar siswa dan menciptakan hasil belajar yang baik. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan Hubungan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Jenis penelitian ini adalah kuantatif, populasinya adalah siswa kelas Kelas X SMK Negeri 1 Tanjung Raya yang berjumlah 32 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah Totali Sampling. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan beberapa kesimpulan: (1) Dari hasil analisis data diperoleh harga koefisien (r) 0,496 dan rtabel 0,349. oleh karena r hitung > r table (0,496 > 0,349) maka Ho ditolak, dan Ha diterima. Artinya ada hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa kelas X TKR pada mata pelajaran produktif.
Kata kunci— Minat Belajar, Prestasi Belajar
Abstract— This study originated from the observation that the author did in SMK N 1 Tanjung Raya. Low learning outcomes in the class X SMK N 1 Tanjung Raya, not in spite of several factors that affect them less interest in learning. With the interest in learning the better it will be able to optimize students' learning abilities and creating a good learning outcomes. This study was conducted to describe the Learning Interests Relationship With Student Achievement Class X SMK Negeri 1 Tanjung Raya. This research is quantitative, population is the class of Class X students of SMK Negeri 1 Tanjung Raya, amounting to 32 people. Engineering samples are used is Totali sampling. Based on the results of the study found several conclusions: (1) From the analysis of the data obtained by the price coefficient (r) 0.496 and 0.349 rtabel. therefore count r> r table (0.496> 0.349) then Ho is rejected and Ha accepted. This means that there is a significant relationship between interest in learning with a class X student achievement TKR in productive subjects.
Keywords— Learning Interests, AchievementFull Text:
PDFReferences
Bimo Walgito. 1997. Psikologi Umum. Yogyakarta: Yayasan Pendidikan Fakultas Psikologi UGM.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta :
PT. Bina Bangsa
Ari Kunto. 1998 ?
Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Conny Semiawan. 1992. Pendekatan Ketrampilan Proses. Jakarta : Grasindo.
Crow and Crow. 1982. Belajar dan faktor yang Mempengaruhinya
Dalyono M. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PPS, UNJ
Dimyati. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwi Priyatno. 2008. Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: MediaKom.
Gie, The Liang. 1994. Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta : Liberty.
Nawawi 1990. 32
Gultom. 2008. Psikologi Pendidikan
Ruwada Rasyad. Konstibusi Minat Belajar
Muhibbin Syah. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Jakarta :
Logos Wacana Ilmu.
Sugiyono. 2007. Statistik untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta.
______2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : CV. Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2005. Manajemen Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek.
Jakarta: Rineka Cipta
______2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara