HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR PRODUKTIF SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 GUNUNG TALANG KABUPATEN SOLOK
Abstract
Intisari – Penelitian ini berawal dari pengamatan yang peneliti lakukan saat observasi di SMK Negeri 1 Gunung Talang. Masih rendahnya hasil belajar produktif, tidak terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhinya, salah satunya yaitu status sosial ekonomi orangtua siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan hubungan status sosial ekonomi orang tua dengan hasil belajar produktif siswa kelas XI SMK Negeri 1 Gunung Talang, peneliti mengajukan hipotesis, yaitu: “Terdapat hubungan status sosial ekonomi orang tua dengan hasil belajar produktif siswa kelas XI SMK Negeri 1 Gunung Talang”. Penelitian ini bersifat korelasional. Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung (0,4033) dan untuk uji keberartian korelasi didapat t hitung > t tabel (3,1166 > 2,015) pada taraf signifikan 5%. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan status sosial ekonomi orang tua dengan hasil belajar produktif siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Gunung Talang
Kata kunci — status sosial ekonomi orang tua, hasil belajar produktif, siswa kelas xi
Abstract— This research begin from observation that the SMK N 1 Gunung Talang, Result of produktif study still low, that influence some factor like economic social status parent of student. Purpose of this research is to know conection from parent’s economic social status with the result of student’s productif study at SMK N 1 Gunung Talang class XI. The researcher propose a hypotesis namely : that have a connection from parent’s economic social status with the result of student’s productif study at SMK N 1 Gunung Talang class xi. This research is corelational, from the data of research, the coeficient corelation r hitung (0,4033) and to tes the legitimate of corelation is t hitung > t tabel (3,1166 > 2,015). So it can be conclude that have positif relation between parent’s economic social status with the result of student’s productif study at SMK N 1 Gunung Talang.
Keywords— , parent’s economic social status, student’s productif study, class XI
Full Text:
PDFReferences
Abdulsyani. 1994. Sosiologi Skematika, Teori dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dalyono. M. 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasbullah. 2005. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ihromi, T O. 1999. Bunga Rampai Sosiologi Keluarga. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Oemar, Hamalik. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Pandji, Anoraga.1992. Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta Riduwan. 2006. “Dasar – dasar Statistika”. Bandung: Alfabeta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengruhinya. Jakarta: PT.Bina Aksara.
Soerjono Soekanto. 2001. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.
Nana, Sudjana. 1990. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R dan D.Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto. 2006. Dasar-dasar Evaluasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Suherman, Rosyidi. Pengantar Teori Ekonomi. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sunarto, dan Agung Hartanto. 2006. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta Rineka Cipta.