PENERAPAN METODE BELAJAR AKTIF TIPE GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT SISTEM REM KELAS XI SMKN 2 BATUSANGKAR
Abstract
Intisari— Berdasarkan masalah yang diteliti, maka penelitian ini disebut penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom Action Research. Rancangan dari penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Prosedur penelitian siklus I terdiri dari 4 tahap, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Kemudian prosedur penelitian siklus II sama dengan siklus I. Dari analisis data hasil penelitian didapatkan aktivitas rata-rata yang terjadi pada siklus I adalah sebayak 49,99% berada pada kategori cukup. Pada siklus II didapatkan aktivitas rata-rata yang terjadi adalah sebanyak 81,59% berada pada kategori sangat tinggi. Sedangkan untuk Rata-rata persentase hasil nilai yang dicapai oleh siswa pada siklus I adalah 59,58%. Pada siklus II persentase rata-rata hasil nilai yang sudah dicapai oleh siswa adalah 73,54%.
Abstract— Based on the problem under study, this research is called action research (PTK) or classroom Action Research. The design of this study consisted of 2 cycles. Research procedure first cycle consists of 4 stages, namely: planning, implementation, observation and reflection. Then the same procedure with the second cycle research cycle I. From the data analysis results, the average activity that occurred in the first cycle is sebayak 49.99% are in category pretty. In the second cycle obtained an average activity that occurs is as much as 81.59% in the very high category. As for the average percentage of the value achieved by the students in the first cycle was 59.58%. In the second cycle the average percentage of the value of the results that have been achieved by students is 73.54%
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara.
Arikunto, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Rosdakarya.
Sardiman, A.M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja GrafindoPersada.
Silberman, Niel. 2006. Active Learning : 101 Cara Belajar Siswa Aktif. (Diterjemahkan oleh Raisul Muttaqin). Edisi Revisi. Bandung: Media dan Nuansa.