HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PRAKTEK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LAS OTOMOTIF DASAR DI SMK NEGERI 5 PADANG

Arnov Putra - Universitas Negeri Padang
Wakhinuddin Wakhinuddin - Universitas Negeri Padang
Hasan Maksum - Universitas Negeri Padang

Abstract


Intisari—Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Motivasi Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Siswa pada mata Pelajaran Praktek Las Otomotif Dasar di SMK Negeri 5 Padang. Penelitian ini bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 5 Padang yang berjumlah 92 orang, Sampel dalam penelitian ini diambilkan dari populasi sebanyak 49. Untuk menguji keberartian koefisien korelasi r, dapat di uji dengan menggunakan uji t sehingga akan didapat apakah hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada populasi. Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung> r tabel ((0,656> 0,281) dan untuk uji keberartian korelasi  didapat t hitung> t tabel(5,991> 2,000) pada taraf signifikan 5%. Kesimpulan Penelitian ini adalah motivasi belajar siswa (X) mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil belajar Teknik las dasar Program Studi Keahlian Teknik Otomotif  di SMK Negeri 5 Padang (Y).

 Kata kunci— Motivasi Belajar, Hasil Belajar

                             

Abstract— The purpose of this study was to determine the relationship with the Student Motivation Student Results on the eye Las Automotive Practice Basic Lessons in 5 SMK Padang. This study is correlational. The population in this study were all students of class X Light Vehicle Engineering Skills Program at SMK Padang 5 totaling 92 people, The samples taken from a population of 49. To test the significance of the correlation coefficient r, can be tested by using the t test that will obtained if the results of the study can be generalized to the population. From the analysis of research data obtained by calculating the correlation coefficient r> r table ((0,656> 0,281) and to test the significance of correlation obtained t count> t table (5.991> 2.000) at the 5% significance level. Conclusions This study is the students' motivation (X ) has a positive and significant relationship with the learning outcomes of basic welding technique Automotive Engineering Expertise Studies Program at SMK Padang 5 (Y).

 keyword- Learning Motivation, Learning Outcomes


Full Text:

PDF

References


Dimyati.(2006).Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta.

Edi susanto. (2001).Hubungan Motifasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil.Padang : Skripsi UNP Padang.

Hamzah B. Uno. (2010). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Husein Umar. 2005. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta. PT. Grafindo Persada

M. Dalyono. (2010).Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Nana Sudjana. (2002). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Oemar Hamalik. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara

Pairan. (2005). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 di SMK Negeri 5 Padang. Padang : F-T UNP.

Riduwan. (2006). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti pemula. Bandung: Alfabeta.

Sardiman A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali pers.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugihartono, ddk. (2007) .Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: UNY Press.

Sudjana.(2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Sugiyono.(2011). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumadi Suryabrata, (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta : Rajawali pers.