IDENTIFIKASI ESENSIAL KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PAKET KEAHLIAN TEKNIK PERBAIKAN BODI OTOMOTIF BERDASARKAN KURIKULUM SMK TAHUN 2013

Agung Ariwibowo - Universitas Negeri Padang
Bahrul Amin - Universitas Negeri Padang
M Nasir - Universitas Negeri Padang

Abstract


Dengan diterapkanya kurikulum 2013 di Indonesia, maka seorang guru harus dapat mengembangkan kompetensi yang dimiliki sesuai tuntutan kurikulum. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum terbaru di Indonesia. Implementasi kurikulum 2013 pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), merupakan upaya pemerintah untuk mengurangi kesenjangan yang terjadi antara kompetensi lulusan dengan kebutuhan dunia industri. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kesesuaian kompetensi profesional yang dimiliki guru kejuruan bidang paket keahlian teknik perbaikan bodi otomotif terhadap kriteria tamatan yang dibutuhkan dunia industri. 2) Untuk memberikan usulan kriteria kompetensi profesional seorang guru sekolah menegah kejuruan sesuai kurikulum SMK tahun 2013.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengunakan deplhi metode. Metode ini digunakan untuk mengidentifikasi kompetensi profesional guru TPBO dengan cara mengumpulkan pendapat dan saran dari berbagai pakar teknik perbaikan bodi otomotif. Pendapat dan saran dari pakar akan dianalisis dan disimpulkan setelah itu akan dilakukan umpan balik antara peneliti dan pakar sampai pakar berada pada titik jenuh.

Identifikasi yang telah dilakukan menghasilkan usulan kriteria kompetensi profesional guru kejuruan paket keahlian teknik perbaikan bodi otomotif yang dijabarkan dalam bentuk indikator esensial. Identifikasi dilakukan pada tiap kompetensi inti sesuai kurikulum 2013 SMK paket keahlian teknik perbaikan bodi otomotif. Usulan kompetensi profesional yang telah diidentifikasi diharapkan dapat membantu guru dalam meningkatkan kompetensi profesional yang dimilikinya. Dengan meningkatnya kompetensi yang dimiliki seorang guru maka diharapkan nantinya kesenjangan yang terjadi antara dunia pendidikan dan dunia industri dapat diminimalisir.

Kata kunci: Identifikasi esensial, Kompetensi profesional, Kurikulum 2013.

 


Full Text:

PDF

References


Dirjen DIKTI. 2010. Buku Pedoman Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Edisi 1. Diakses pada 09/November/2013.

Nanang Priatna & Tito Sukamto. 2013. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Prosser. 1971-1952. Prosser’s Sixteen Theorems

Sholeh Hidayat. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Turoff, Murray and A. Linstone, Harold. 2002. The Delphi Method (Techniques and Applications). Portland State University

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 pasal 1 tentang guru dan dosen.

Widiyanto (2011) Peranan kompetensi pekerja terhadap kebutuhan industri untuk meningkatkan daya saing perusahaan. Eksplanasi Vol.6 No.1( Maret 2011), 94 - 108 94ISSN : 2087-9474.