ANALISIS PENGGUNAAN PENSTABIL TEGANGAN (VOLTAGE STABILIZER) TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR SEPEDA MOTOR
Abstract
ABSTRAK
Seiring dengan laju pertumbuhan kendaraan bermotor ini, maka akan berdampak pada meningkatnya kebutuhan masyarakat akan bahan bakar minyak (BBM). Angka peningkatan kebutuhan masyarakat akan bahan bakar minyak, tidak sebanding dengan angka produksi bahan bakar minyak dalam negeri, sehingga pemerintah harus melakukan impor BBM untuk menutupi kekurangan yang terjadi. Fenomena tersebut harusnya membuat kita sadar akan pentingnya melakukan penghematan bahan bakar minyak, cara yang paling bijak adalah dengan menghemat pemakaian bahan bakar pada kendaraan, salah satu alternatifnya yaitu dengan pengoptimalan sistem pengapian. Salah satu cara untuk mengoptimalkan sistem pengapian adalah dengan pemasangan Voltage Stabilizer berupa XCSR pada kabel tegangan tinggi.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yaitu dengan membandingkan hasil pengujian konsumsi kendaraan saat tidak menggunakan Voltage Stabilizer dan saat menggunakan Voltage Stabilizer. Objek penelitian yang digunakan adalah sepeda motor Yamaha Mio J. Pengujian dilakukan pada putaran enggine 1800 RPM, 2800 RPM dan, 3800 RPM, masing-masing dilakukan sebanyak 3 x. Teknik analisis data dengan melakukan uji statistik menggunakan rumus ttest dari lipson (1973: 138) dengan taraf signifikan 5%. Adapun hasil penghitungan persentase penurunan jumlah konsumsi bahan bakar ketika menggunakan Voltage Stabilizer adalah sebagai berikut: Pada putaran 1800 Rpm terjadi penurunan konsumsi bahan bakar sebesar 17,05%, putaran 2800 Rpm terjadi penurunan konsumsi bahan bakar sebesar 13,87%, Pada putaran 3800 terjadi perbedaan konsumsi bahan bakar sebesar 12,96%, hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan saat menggunakan Voltage Stabilizer terhadap konsumsi sepeda motor Yamaha Mio J.
Kata Kunci : Penstabil Tegangan, Konsumsi
ABSTRACT
In line with the rate of growth of the motor vehicle, it will have an impact on the growing needs of the community will fuel (BBM). The numbers increase in the needs of the community will be fuel oil, are not comparable to figures for the production of fuel oil in the country, so the Government had to import FUEL to cover the deficiencies occur. The phenomenon should make us aware of the importance of doing the savings in fuel oil, the most wise way is to save fuel in the vehicle, one of the alternatives with the ignition system optimization . One of the ways to optimize the ignition system is with the installation of a Voltage Stabilizer in the form of XCSR on high-voltage cable. This research uses experimental methods, i.e. by comparing the test results of vehicle consumption when not using a Voltage Stabilizer and when using a Voltage Stabilizer. The object of the research is used motorcycle Yamaha Mio j. Testing done on lap enggine 1800 RPM, RPM and 2800, 3800 RPM, each performed as many as 3 x Engineering data analysis by performing statistical tests using the formula of ttest lipson (1973:138) with a significant level of 5%. As for the results of calculating the percentage decrease in the amount of fuel consumption when using the Voltage Stabilizer is as follows: On round 1800 Rpm fuel consumption decline of 17.05%, 2800 Rpm rotation of occurred a decrease in consumption the fuel of 13.87%, At 3800 rounds occur differences fuel consumption amounted to 12.96%, this indicates that there are significant effects when using a Voltage Stabilizer against consumption of motorcycle Yamaha Mio J.
Keywords: Voltage Stabilizers, Consumption
Full Text:
PDFReferences
[ 1.] Maulana, Rahadian Febry (2012).”Menghadapi Krisis Energi (Fosil Fuel) Di Indonesia”. Laporan Penelitian. IPB.
[ 2.] Maulana, Rahadian Febry (2012).”Menghadapi Krisis Energi (Fosil Fuel) Di Indonesia”. Laporan Penelitian. IPB.
[ 3.] Jama, Jalius& Wagino. (2008). Teknologi Sepeda Motor Jilid 1. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK.
[ 4.] Daryanto.(2004). Teknik Pemeliharaan Mobil. Jakarta: BumiAngkasa.
[ 5.] Daryanto.(2004). Teknik Pemeliharaan Mobil. Jakarta: BumiAngkasa.
[ 6.] Jama, Jalius& Wagino. (2008). Teknologi Sepeda Motor Jilid 1. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK.
[ 7.] Jama, Jalius &Wagino. (2008). Teknologi Sepeda Motor Jilid 2. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK.
[ 8.] Soewadji, jusuf. 2012. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.
[ 9.] Pane M A A. Wakhinuddin. Putra, D S. Nasir M. (2016) Pengaruh Tegangan Pompa Bahan Bakar Terhadap Kandungan Emisi Gas Buang. Jurnal POLI REKAYASA Vol 12 No 1 Oktober 2016 hal 53-62. Padang : Politeknik Negeri Padang