PERBANDINGAN PENGGUNAAN BAHAN BAKAR LIQUIFIED PETROLIUM GAS TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR EMPAT LANGKAH

Jevi Gismoro -
Hasan Maksum -
Toto Sugiarto -

Abstract


Penggunaan bahan bakar bensin di indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Ini ditandai dengan pertumbuhan konsumsi bahan bakar yang di akibatkan oleh pertumbuhan kendaraan. Akibat nya polusi udara yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar pun meningkat diperkirakan 60% CO, 60% HC dan 40% Nox merupakan polusi yang dihasilkan dari kendaraan bermotor. Penelitian ini bermaksud untuk melakukan perbandingan penggunaan bahan bakar liquified petrolium gas dengan bahan bakar bensin.

Kata Kunci : Konsumsi, Emisi, Liqufied Petrolium Gas

The use of gasoline in Indonesia experienced unprecedented growth. It is characterized by the growth of fuel consumption by comparing the growth of the vehicle. result of air pollution resulting from fuel combustion increasedan estimated 60 % CO , 60 % HC and 40 % NOx is generated pollution from motor vehicles. This study intends to do a comparison of liquified petroleum gas fuel with gasoline .

 

 

Keywords : Consumption, emission, Liqufied Petrolium Gas


Full Text:

PDF