PENGARUH PENGGUNAAN KNALPOT STANDAR DAN RACING TERHADAP TEKANAN BALIK, SUHU DAN BUNYI PADA SEPEDA MOTOR 4 TAK

Welsa Putra -
Hasan Maksum -
Donny Fernandez -

Abstract


Intisari- Seiring dengan meningkatnya aktivitas, manusia semakin memerlukan alat transportasi yang aman, nyaman dan memadai sebagai sarana pendukung mobilitas. Akibatnya, semakin hari jumlah arus lalu lintas dan jenis kendaraan yang menggunakan ruas-ruas jalan semakin bertambah. Hal ini menimbulkan masalah dibidang transportasi, salah satunya adalah masalah tekanan balik, suhu dan polusi suara (kebisingan) yang ditimbulkan dari knalpot  kendaraan.Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan menggunakan sepeda motor Bajaj Pulsar. Pengujian tingkat tekanan balik, suhu dan bunyi dilakukan pada putaran 1200 Rpm, 2000 Rpm, 3000 Rpm, dan 4000 Rpm dengan menggunakan knalpot standard dan racing. Hasil penelitian pengujian knalpot standar dan racing pada sepeda motor Bajaj Pulsar menunjukan bahwa penggunaan knalpot standar tekanan balik yang tinggi yaitu (17,3 Psi) dan penggunaan knalpot racing menghasilkan tingkat tekanan balik yang rendah (14,33 Psi). Pada penggunaan knalpot standar menghasilkan suhu knalpot yang tinggi yaitu (216,9 oC), sedangkan menggunakan knalpot racing menghasilkan suhu  knalpot yang lebih tinggi yaitu (315,96). Pada penggunaan knalpot standar mengahsilkan bunyi yang rendah yaitu (68,67 db) sedangkan pada penggunaan knalpot racing menghasilkan bunyi yang tinggi yaitu (71,76 db). Dari hasil perhitungan mean diperoleh persentase tingkat tekanan balik knalpot standar dengan racing adalah 26,30%,  pada pengukuran suhu yaitu 34,41 dan tingkat kebisingan yaitu 14,031. Dengan demikian hipotesis penelitian yang dikemukakan sebelumnya terjadi perbedaan tingkat tekanan balik yang sangat tinggi pada knalpot standar, tingkat kebisingan dan suhu yang sangat tinggi pada knalpot non standar. Hal ini disebabkan karna knalpot standar peredam suara dan memiliki turbelensi yang tinggi sehinga menimbulkan bunyi yang tidak bising,

Kata Kunci: Knalpot Standar dan Racing, Tekanan Balik, Suhu dan Bunyi

Full Text:

PDF