PERBANDINGAN PENGGUNAAN ADITIF PADA SISTEM PENDINGIN AIR TERHADAP TINGKAT PANAS MESIN MOBIL TOYOTA AVANZA 1,3 G M/T

Dwi Ariga -
Martias Martias -
Toto Sugiarto -

Abstract


Intisari --- Teknologi pada bidang otomotif khususnya motor pembakaran dalam, sirkulasi air pada radiator berperan sebagai pendingin. Sistem pendingin merupakan hal yang sangat penting dalam kendaraan bermotor, dimana sistem pendingin berfungsi untuk menjaga temperatur kerja dari kendaraan bermotor, agar temperaturnya tidak melebihi ambang batasnya (over heating), salah satu penyebab terjadinya panas yang berlebihan adalah penggunaan air pendingin dalam radiator.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental, dimana tujuannya untuk mengetahui seberapa besar perbandingan temperatur kerja mesin dari penggunaan beberapa jenis  aditif coolant dan air biasa. Air pendingin yang digunakan adalah Toyota Long Life Coolant, Dex Coolcoolant, Top 1 Coolant, dan Air biasa. Pengujian ini dilakukan pada putaran 800 RPM, 1500 RPM dan 2500 RPM. Objek dari penelitian ini adalah mobil Toyota avanza 1,3 G M/T. Data hasil penelitian akan diolah menggunakan rumus perbandingan persentase. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa, tingkat tertinggi setelah diambil rata-rata dari setiap putaran mesinnya adalah terletak pada penggunaan air biasa, dimana air biasa memiliki rata-rata temperatur sebesar 96,1OC atau mengalami kenaikan sebesar 1,131% pada setiap putaran mesinnya. Kemudian disusul coolant dengan merek Top 1 Coolant, yaitu memiliki temperatur rata-rata sebesar 93,6OC atau mengalami kenaikan sebesar 1,101% pada setiap putaran mesinnya. Kemudian diikuti dengan coolant merek Dex Coolcoolant, dimana memiliki temperatur rata-rata sebesar 91,3OC atau mengalami kenaikan sebesar 1,074% pada setiap putaran mesinnya. Kemudian yang memiliki kenaikan temperatur paling rendah adalah coolant merek Toyota Super Long Life Coolant (SLLC) dengan temperatur rata-rata sebesar 91OC atau mengalami kenaikan sebesar 1,070% pada setiap putaran mesinnya.

Kata kunci --- Aditif, Sistem Pendingin, Panas mesin.

 

Abstract --- Technology in the automotive field, especially internal combustion engine, the circulation of water in the radiator acts as a coolant. The cooling system is very important in a motor vehicle, wherein the cooling system serves to keep the working temperature of the motor vehicle, so that the temperature does not exceed the threshold limit (over-heating), one of the causes of excessive heat is the use of cooling water in the research radiator.Metode used is an experimental method, where the goal is to find out how big the engine working temperature comparison of the use of some type of coolant additives and water. Cooling water used is the Toyota Long Life Coolant, Dex Coolcoolant, Top 1 Coolant, and plain water. The test is performed on lap 800 RPM, 1500 RPM and 2500 RPM. The object of this study is Toyota Avanza 1.3 GM / T. Research data will be processed using the formula percentage comparisons. The result showed that the highest level after an average taken from each round of the engine is located on the use of plain water, in which ordinary water has an average temperature of 96,1o C or an increase of 1,131% in each round of the engine. Then followed the coolant with the Top 1 Coolant brand, which has an average temperature of 93,6o C or an increase of 1,101% in each round of the engine. This was followed by the coolant brand Dex Coolcoolant, which has an average temperature of 91,3o C or an increase of 1,074% in each round the engine. Then who has the lowest temperature rise is coolant brand Toyota Super Long Life Coolant (SLLC) with an average temperature of 91o C or an increase of 1,070% in each round of the engine.

 

Key Note - Additives, Cooling System, Heat engines.

Full Text:

PDF