HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG DISIPLIN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA DIKLAT TEKNIK DASAR-DASAR OTOMOTIF SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK NEGERI 1 KOTO XI TARUSAN

Ridona Silaban -
Erzeddin Alwi -
Wagino Wagino -

Abstract


Penelitian yang dilakukan ini berawal dari keprihatinan penulis tentang disiplin yang masih rendah dikalangan masyarakat Indonesia termasuk dalam hal ini di kalangan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Penulis pun mengambil contoh pada siswa kelas X program keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan, dimana hasil belajar mata diklat Teknik Dasar-dasar Otomotif yang merupakan dasar bagi mata diklat produktif lain masih rendah. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut termasuk diantaranya disiplin yang kurang dari siswa. Dengan kebiasaan berdisiplin yang baik akan menunjang lancarnya proses belajar mengajar. Siswa pun akan lebih memahami apa yang diajarkan oleh guru. Selain itu proses belajar-mengajar akan berjalan secara efektif dan efisien. Guna melihat keterikatan dari disiplin siswa dan seberapa kuat hubungannya dengan hasil belajar, maka penulis mengajukan hipotesis yaitu: Terdapat hubungan antara Persepsi Siswa tentang Disiplin Siswa dengan Hasil Belajar pada Mata Diklat Teknik Dasar-dasar Otomotif Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan.

Penelitian ini bersifat korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara persepsi siswa tentang disiplin siswa dengan hasil belajar pada mata diklat teknik dasar-dasar otomotif. Populasi dalam penelitian ini sendiri berjumlah 64 siswa yang terdiri dari seluruh siswa kelas X Program Keahlian Teknik Sepeda Motor. Sedangkan sampelnya berjumlah 40 siswa yang diambil dari populasi dengan menggunakan rumus Slovin dan proposional sampling. Data disiplin siswa diambil dengan menggunakan angket yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Sedangkan data hasil belajar mata diklat teknik dasar-dasar otomotif diambil dari nilai rapor semester ganjil. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus korelasi Pearson Product Moment (PPM), dan untuk menguji keberartian korelasi r, digunakanlah uji t untuk memperoleh hasil penelitian yang dapat digenaralisasikan pada populasi.

Berdasarkan analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung > r tabel (0,450 > 0,312) dan untuk uji keberartian korelasi  didapat t hitung > t tabel (3,107 > 1,686) pada taraf signifikan 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang disiplin siswa dengan hasil belajar pada mata diklat teknik dasar-dasar otomotif siswa kelas X Program Keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan.

 

Kata kunci: Persepsi Siswa Tentang Disiplin Siswa, Hasil Belajar.


Full Text:

PDF