PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF SISWA KELAS X TKR SMK MUHAMMADIYAH 1 PADANG.

Pahrul Rozi -
Hasan Maksum -
Andrizal Andrizal -

Abstract


Intisari— Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan yang ada disekolah bahwa didalam proses pembelajaran siswa hanya duduk, diam, mendengar, dan mencatat materi yang disampaikan oleh guru. Ini disebabkan oleh guru yang menerapkan model pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga menyebabkan hasil belajar siswa kelas X TKR pada mata diklat Pengetahuan Dasar Teknik Otomotif masih rendah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar Pengetahuan Dasar Teknik Otomotif siswa kelas X TKR SMK Muhammadiyah 1 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat true experimental design. Populasi penelitian ini adalah  siswa kelas X. TKR SMK Muhammadiyah 1 Padang. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah  dengan simple random sampling, yaitu yang menjadi sampel adalah  siswa kelas X. TKR2 untuk kelas eksperimen dan kelas X. TKR1 untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan alat pengumpul data  yaitu lembaran soal tes. Sebelum pengolahan data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas kemudian dianalisis dengan menggunakan  t-tes.

Kata kunci— Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT)

Abstract— The background of this research  from a reality that there are schools that in the learning process of students just a sit still, listen, and record the material presented by the teacher. It is caused by teachers which implement learning method that are less varied, causing the results of class X student in training eye TKR basic knowledge of automotive engineering are still low. The purpose of this learning was to determine the effect of cooperative learning method of NHT on learning outcomes Basic Knowledge of Automotive Engineering TKR class X SMK Muhammadiyah 1 Padang. This study uses a quantitative approach that is true experimental design. The population of this research is the class X. TKR SMK Muhammadiyah 1 Padang. Sampling method in this research is by simple random sampling, that is the sample is the class X. TKR2 for experiment class and class to class X. TKR1 control. Technique data collecting using achievement test and accurate data collection tool that is sheet test questions. Before the processing of accurate data, first tested for normality and homogeneity test was then analyzed using t-test.

Key words Influence of method cooperative learning type Numbered Head Together (NHT)


Full Text:

PDF