HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM REM KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 2 SIJUNJUNJUNG

Feri Antoni -
Hasan Maksum -
Toto Sugiarto -

Abstract


Rumusan masalah ini apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan fasilitas belajar  terhadap hasil belajar siswa sistem rem kelas XI  Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Sijunjung semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada yang signifikan antara motivasi belajar dan fasilitas belajar  terhadap hasil belajar siswa sistem rem kelas XI  Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Sijunjung Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional. Populasi adalah siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu di hitung uji normalitas dan uji linearitas. Berarti pengaruh motivasi belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar sisem rem masih tergolong rendah. Dapat diperoleh  t hitung > t tabel (1,187 >0,374) untuk X1 dan (0,418 > 0,374) untuk X2.

Dilihat pada taraf signifikan 0,05. Akibatnya Ho ditolak. Ha diterima. Akibatnya terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa sistem rem kelas XI  Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Sijunjung semester genap tahun pelajaran 2013/2014.

Kata kunci:Motivasi,Fasilitas Belajar, Hasil Belajar, Sistem Rem,Teknik Kendaraan Ringan

Full Text:

PDF