PENGARUH PENGGUNAAN MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT OVERHAUL SISTEM PENDINGIN KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 PARIAMAN

Edi Saputra -
Wakhinuddin Wakhinuddin -
Toto Sugiarto -

Abstract


Intisari— Penelitian ini berawal dari kenyataan di SMK N 1 Pariaman rendahnya hasil belajar siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan khususnya pada mata diklat Overhaul Sistem Pendingin, dalam proses belajar mengajar guru hanya menggunakan metode ceramah dan media yang digunakan adalah papan tulis, hal ini dianggap tidak efektif karena sebagian waktu yang tersedia hanya digunakan untuk mencatat materi di papan tulis, selain itu metode pembelajaran yang digunakan juga lebih menuntut peran aktif guru dibandingkan siswanya. Oleh sebab itu peneliti ingin meneliti tentang pengaruh penggunaan modul terhadap hasil belajar siswa kelas XI teknik kendaraan ringan. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen untuk melihat perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan modul dan siswa yang tidak menggunakan modul. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa adanya pengaruh penggunaan modul terhadap hasil belajar siswa dengan nilai siswa yang menggunakan modul 9.37 persen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai siswa yang tidak menggunakan modul pada mata diklat Overhaul Sistem Pendingin.

Kata kunci— Modul, Hasil belajar, Mata diklat overhaul sistem pendingin.

Abstract— This study originated from the reality in SMK N 1 Pariaman that low learning achievement in class XI Light Vehicle Engineering, especially in the Cooling System Overhaul lesson, the teacher in the learning process just use the lecture method and media used is the blackboard, it is considered to be ineffective because most of the time available is only used to record the teaching materials on the board, in addition to the learning methods used are also more demanding active role of teachers than students. Therefore, researchers wanted to researching on effect of the use of modules to the learning outcomes of students of class XI lightweight vehicle engineering. This research uses experimental approach to compare the learning achievement of students who use the module and students who did not use the module. From research result found that there are influence use of modules to the learning outcomes of students with grades of students who use the module 9:37 percent higher than the value of students who did not use the module Cooling System Overhaul lesson.

Keywords— Module, learning outcomes, lessons cooling system overhaul


Full Text:

PDF