PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 6 PADANG

Rindu Putri - Universitas Negeri Padang )
Tysa Manda - Universitas Negeri Padang

Abstract


The main focus is on the importance of good academic performance for students, especially as it relates to learning mathematics at SMP Negeri 6 Padang. Currently, IX students of this school continue to have low math learning results. To solve this problem, this study applies the discovery learning model as an alternative to improve student learning outcomes. This study is quantitative using a quasi-experimental method and a non-equivalent post-test-only control group design. Data analysis shows that students learning with the discovery learning model show better learning outcomes than students using the direct learning model.

KeywordsLearning outcomes, Discovery Learning,Direct Learning

Full Text:

PDF (188-191)

References


. Fathani, A. H. (2016). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah Dalam Perspektif Multiple Intelligences. Jurnal EduSains, 4(2), 136–150.

. Harefa, M., & Surya, E. (2021). Beberapa Model Pembelajaran yang Efektif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa.

. Hasratuddin. (2015). Mengapa Harus Belajar Matematika?. Medan: Perdana Publishing.

. Monti, C., Novoa, M. C., & Vizcaíno, C. E. (2016). Model Pembelajaan Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemrcahan Masalah Matematika. Acta Farmaceutica Bonaerense, 149–160.

. Pardede, K., Ahmad, M., & Harahap, M. S. (2021). Analisis Gaya Belajar serta Pengaruh terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Selama Pandemi Covid-

JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 243-252.

. Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

. Oktaviani, U., Kumawati, S., Apriliyani, M. N., Nugroho, H., & Susanti, E. (2020). Identifikasi faktor penyebab rendahnya hasil belajar matematika peserta didik di smk negeri 1 Tonjong. MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 1-6.

. Anditiasari, N. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Abk (Tuna Rungu) Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 183–194. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.162

. Harefa, M., & Surya, E. (2021). Beberapa Model Pembelajaran yang Efektif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa.

. Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Prestasi Pustaka Publisher.

. Permendikbud. (2014). Peraturan Mentri Pendidikan Dan kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.

. Ilahi, M. T. (2016). Pembelajaran Discovery Srategy & mental Vocation Skill (N. Sawitri (ed.); 1st ed.). DIVA Press.

. Fahmi, A. N., Sutiarso, S., & M.coesamin. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(6), 705–716.

. Asma, N. (2000). Pendekatan Discovery Dalam Pembelajaran. Paradigma.

. Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad21. JICA UNM

. Seniati, Liche, & dkk. (2011). Psikologi Eksperimen. Indeks.

. Yusnawan. 2013. “Penerapan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Gradien di Kelas VIII B SMP Negeri 9 Palu”. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako. Vol.1,No.2.

. Hafiah, N. Dan Cucu, S. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/pmat.v13i1.15782