PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 25 PADANG

Vindi Shafira - Universitas Negeri Padang )
Edwin Musdi - Universitas Negeri Padang

Abstract


One measure of success in the learning process is the attainment of learning outcomes. However, grade VIII at SMP Negeri 25 Padang still struggle with maths. This is due to low student learning engagement. The Discovery Learning model combined with digital media was chosen as an effort to overcome this issue. This quasi-experimental research uses a nonequivalent posttest only control group design. The P-value of 0.002, below the significance level α = 0.05, was found after data analysis using the t-test. The Discovery Learning model using digital media is better in improving learning outcomes class VIII SMP Negeri 25 Padang compared to conventional learning.

KeywordsMathematics Learning Outcomes, Discovery Learning, Digital Media



Full Text:

PDF (127-130)

References


S. Saihu, “The Effect of Using Talking Stick Learning Model on Student Learning Outcomes in Islamic Primary School of Jamiatul Khair, Ciledug Tangerang,” Tarbawi J. Keilmuan Manaj. Pendidik., vol. 6, no. 01, p. 61, 2020, doi: 10.32678/tarbawi.v6i01.2325.

A. S. Dakhi and N. Selatan, “Peningkatan hasil belajar siswa,” vol. 8, no. 2, pp. 468–470, 2020.

Kemendikbud, “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan,” 2016

Saifuddin, Pengelolaan Pembelajaran Teoretis dan Praktis. Yogyakarta: Deepublish, 2014.

A. P. Wahyuni, A. B. Abbas, and Kukuh, “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar,” vol. 7, pp. 115–122, 2018.

F. W. Dari and S. Ahmad, “Model Discovery Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD,” vol. 4, no. 2014, pp. 1469–1479, 2020.

M. Kamaluddin and D. B. Widjajanti, “The Impact of Discovery Learning on Students’ Mathematics Learning Outcomes,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1320, no. 1, pp. 0–7, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1320/1/012038.

K. Rahmat et al., “Model Pembelajaran Discovery Learning Guna Membentuk Sikap Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar : Sebuah Kerangka Konseptual,” vol. 6, pp. 109–117, 2021.

L. Amalida and L. Halimah, “Tantangan Pembelajaran Abad-21: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” Pengguna. Phet Sebagai Media Interaktif Pembelajaran IPA pada Kelas IV Sekol. Dasar, vol. 4, no. 2, pp. 54–60, 2023, [Online]. Available: https://journal.unram.ac.id/index.php/pendas/index

A. R. Hakim and H. Windayana, “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD,” EduHumaniora | J. Pendidik. Dasar Kampus Cibiru, vol. 4, no. 2, 2016, doi: 10.17509/eh.v4i2.2827.

A. Sumarsono and M. Sianturi, “Peluang Media Interaktif dalam Menunjang Efektivitas Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Edutama, vol. 6, no. 2, p. 101, 2019, doi: 10.30734/jpe.v6i2.353.

A. Mardati, “Media Digital Dalam Pembelajaran Matematika,” 2021, [Online]. Available: http://prosiding.utp.ac.id/index.php/SEMNASUTP/article/view/25/24

Kristanto, “Matematika Digital Dengan Menggunakan Desmos,” no. 3, pp. 192–199, 2021.

L. O. T. J. Martunas Sihite, “Pengaruh Penggunaan Desmos Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Pada Materi Program Linear Di Sma Negeri 1 Pematang Siantar,” J. Rev. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 6, no. 4, pp. 765–772, 2023, [Online]. Available: http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp

H. Heriyanto, S. Sudiansyah, and A. Y. T, “Peningkatan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Google Classroom dengan Bantuan Aplikasi Desmos,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 3, pp. 3221–3235, 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i3.2688.

Hidayati and Sugeng, “Penerapan Transformasi Geometri Pada Desain Batik Lia,” J. PRIMATIKA, vol. 10, no. 2, pp. 99–106, 2021.

A. Three, M. Waruwu, and H. Pakiding, “Penggunaan Aplikasi Animasi Interaktif (Animaker) Dalam Proses Pembelajaran,” vol. 4, pp. 197–209, 2023.

O. N. La, S. Patma, S. Jumaeda, Abdillah, L. Hasdi, and L. Yama, “Desain Animaker Media Using untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Terhadap Bahan Ajar Pertanyaan mendasar , bagaimana Desain Animaker Media Using memenuhi kriteria untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas . menarik dengan berbagai fitur animas,” vol. I, no. 1, pp. 46–61, 2023.

D. Kusumahwardani, A. Pramadi, and M. Maspupah, “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Video Animasi Audiovisual Berbasis Animaker Pada Materi Sistem Gerak Manusia,” vol. 8, no. 1, pp. 110–115, 2022, doi: 10.31949/educatio.v8i1.1665.

A. Hamzah and Muhlisrarini, Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.

R. Dehong et al., “Edufisika : JurnalPendidikanFisika Volume 5 Nomor 2 , Desember 2020,” vol. 5, 2020.

Y. I. Wulandari, Sunarto, and S. A. Totalia, “Implementasi Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Iis I Sma Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015,” vol. 2015, 2015.

R. D. Anggraini, A. Murni, and Sakur, “Differences in students’ learning outcomes between discovery learning and conventional learning models,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1088, pp. 4–9, 2018, doi: 10.1088/1742-6596/1088/1/012070.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/pmat.v13i1.15730