KONTRIBUSI DAYA TAHAN KEKUATAN OTOT LENGAN DAN KELENTUKAN TERHADAP KEMAMPUAN MENDAYUNG DRAGON JARAK 500 METER ATLET DAYUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN

MELLY ZUZANA -

Abstract


ABSTRAK

Masalah peneliti ini berawal dari observasi di lapangan, ternyata kemampuan mendayung atlet dayung Kabupaten Padang Pariaman masih rendah. Banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya kemampuan mendayung tersebut, diantaranya daya tahan kekuatan otot lengan dan kelentukan. Penelitian ini adalah untuk mengetahui sekaligus mendeskripsikan kontribusi daya tahan kekuatan otot lengan dan kelentukan dengan kemampuan mendayung dragon jarak 500 meter atlet dayung Kabupaten Padang Pariaman.

Jenis penelitian adalah korelasional. Populasi penelitian adalah atlet dayung Kabupaten Padang Pariaman sebanyak 30 orang. Teknik pengambilan sampelĀ  menggunakan total sampling yang berjumlah 30 orang. data dikumpul melalui melalui hasil tes, untuk variabel daya tahan kekuatan otot lengan menggunakan tes push up untuk laki-laki dan knee push up untuk perempuan, variabel kelentukan menggunakan tes flexiometer, sedangkan kemampuan mendayung yaitu dengan menggunakan tes ergometer. Data analisis dengan korelasi product moment dan korelasi ganda serta dilanjutkan dengan uji t.

Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa terdapat kontribusi daya tahan kekuatan otot lengan dan kelentukan dengan kemampuan mendayung. Atlet putra daya tahan kekuatan otot lengan sebesar 39,69%, dan kelentukan sebesar 33,64% sedangkan kemampuan mendayung sebesar 31,36% atlet dayung Kabupaten Padang Pariaman, sedangkan untuk atlet putri daya tahan kekuatan otot lengan sebesar 34,81%, dan kelentukan sebesar 52,29% sedangkan kemampuan mendayung sebesar 30,25% atlet dayung Kabupaten Padang Pariaman.

Full Text:

PDF