TINJAUAN STATUS GIZI DAN TINGKAT KESEGARAN JASMANI SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 05 AIR TAWAR BARAT KECAMATAN PADANG UTARA

Nursal Nursal -

Abstract


Abstrak

Penelitian ini didasari dari kenyataan bahwa siswa di Sekolah Dasar Negeri  05 Air Tawar Barat Kecamatan Padang Utara dalam melakukan aktifitas olahraga, cepat lelah, kurang bersemangat, sering mengantuk pada jam pelajaran dan ada yang mukanya pucat seperti kurang sehat. Peneliti beranggapan hal ini disebabkan oleh status gizi dan tingkat kesegaran jasmani siswa yang masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Status gizi dan  tingkat kesegaran jasmani siswa Sekolah Dasar Negeri 05 Air Tawar Barat Kecamatan Padang Utara.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Dasar Negeri 05 Air Tawar Barat Kecamatan Padang Utara  yang berjumlah 270 orang. Teknik penarikan sampel dengan purposive sampling, sampel pada penelitian ini ditetapkan sebanyak 36 orang siswa kelas V. Untuk mendapatkan data penelitian status gizi digunakan data berat badan dan tinggi badan, sedangkan untuk data tingkat kesegaran jasmani digunakan tes TKJI untuk 10-12 tahun. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik  deskriptif dengan bentuk persentase.

Dari analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : 1) Status Gizi dari 17 siswa putra, 5 orang (29.41%) memiliki hasil status gizi baik, 4 orang (23.53%) memiliki hasil status gizi kurang, dan 8 orang (47.06) memiliki status gizi buruk, 2) Status gizi dari 19 siswa putri, 5 orang (26.32%) memiliki status gizi baik, 3 orang (15.79%) memiliki status gizi Kurang, dan 11 (57.89%) memiliki status gizi buruk, 3) Tingkat kesegaran jasmani dari 17 orang siswa putra, 14 orang (82.35%) siswa memiliki kesegaran jasmani  kurang, 3 orang (17.65%) siswa memiliki kesegaran jasmani kurang sekali., 4) Tingkat kesegaran jasmani dari 19 orang siswa putri, tidak ada satu orangpun siswa yang memiliki kesegaran jasmani kategori baik sekali, baik dan sedang, 14 orang (73.68%) siswa memiliki kesegaran jasmani kategori kurang, dan 5 orang (26.32%) siswa memiliki kategori kurang sekali.

Full Text:

PDF