MINAT SISWA SMPN 3 PAYAKUMBUH TERHADAP PERMAINAN BOLAVOLI

II SAPUTRA -

Abstract


ABSTRAK

Tingkat minat siswa-siswi SMPN 3 Payakumbuh terhadap permainan bolavoli masih rendah, dimana kurangnya siswa mengikuti aktivitas pengembangan diri permainan bolavoli. Ini merupakan tantangan bagi penulis untuk mengetahui penyebab tinggi-rendahnya minat siswa apakah pengetahuan, pengalaman dan kurangnya perhatian mereka serta kurangnya manfaat dan rasa senang yang mereka rasakan.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif, dimana bertujuan untuk mengetahui sejauhmana tingkat minat siswa-siswi SMPN 3 Payakumbuh terhadap permainan bolavoli. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMPN 3 Payakumbuh yang berjumlah 622 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, dimana 10 % dari siswa-siswi SMPN 3 Payakumbuh dijadikan sampel, yaitu sebanyak 42 orang. Pengambilan data untuk mengukur minat dilakukan dengan menggunakan angket dengan skala Likerts. Hipotesis penelitian yaitu Bagaimanakah Tingkat Minat Siswa Terhadap Olahraga Bolavoli Di SMPN 3 Payakumbuh. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif melalui statistik (tabulasi frekuensi). Dari analisis data sesuai dengan jawaban dari pertanyaan penelitian diperoleh hasil yaitu Tingkat Minat Siswa Terhadap Olahraga Bolavoli Di SMPN 3 Payakumbuh tergolong sebesar 53,30%.

Dengan demikian, Tingkat Minat Siswa Terhadap Olahraga Bolavoli Di SMPN 3 Payakumbuh tergolong kategori cukup, artinya belum tergolong kategori baik sekali. Oleh sebab itu, perlu dilakukan evaluasi untuk memperbaiki tingkat minat siswa-siswi SMPN 3 Payakumbuh terhadap Permainan bolavoli.

Full Text:

PDF