PENGARUH LATIHAN NAIK TURUN TANGGA DAN LATIHAN HURDLE JUMP TERHADAP KEMAMPUAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI

HENDRA YULIANSYAH -

Abstract


ABSTRAK

Masalah dalam penelitian ini kemampuan daya ledak otot tungkai pemain klub bolavoli SMK Negeri 1 Kabupaten Solok Selatan belum begitu baik. Banyak faktor yang menyebabkan belum baiknya kemampuan  daya ledak otot tungkai pemain bolavoli tersebut, diantaranya adalah pengaruh latihan naik turun tangga dan latihan hurdle jump. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan naik turun tangga dan latihan hurdle jump terhadap kemampuan daya ledak otot tungkai pemain klub bolavoli SMK Negeri 1 Kabupaten Solok Selatan.

Jenis penelitian adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu pemain klub bolavoli SMK Negeri 1 Kabupaten Solok Selatan, yang berjumlah sebanyak 14 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Dengan demikian sampel penelitian ini berjumlah sebanyak 14 orang pemain bolavoli putera. Teknik pengambilan data dengan melakukan tes vertical jump (daya ledak otot tungkai). Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial dengan rumus uji t sampel terikat.

Berdasarkan analisis data bahwa hipotesis pertama ternyata terdapat pengaruh secara signifikan latihan latihan naik turun tangga terhadap kemampuan daya ledak otot tungkai, dengan ditemukan thitung sebesar 4,36 lebih besar dari pada nilai  ttabel 2,45. Selanjutnya hipotesis kedua terdapat pengaruh secara signifikan latihan hurdle jump terhadap kemampuan daya ledak otot tungkai karena ditemukan thitung sebesar 14,14 lebih besar dari pada nilai  ttabel 2,45. Sedangkan hipotesis ketiga terdapat perbedaan pengaruh signifikan antara latihan naik turun tangga dan latihan hurdle jump terhadap kemampuan daya ledak otot tungkai pemain klub bolavoli SMK Negeri 1 Kabupaten Solok Selatan, thitung = 2,05 > ttabel = 1,78. artinya penerapan latihan naik turun tangga dan latihan hurdle jump dapat meningkatkan kemapuan daya ledak otot tungkai, dimana latihan hurdle jump menunjukkan hasil yang lebih baik dalam meningkatkan kemampuan daya ledak otot tungkai.

Full Text:

PDF