TINJAUAN KONDISI FISIK PEMAIN SEKOLAH SEPAKBOLA (SSB) GENERASI MUDA GANTING (GMG) KELOMPOK UMUR-15 KOTA PADANG PANJANG

GANJAR SASMITA -

Abstract


Abstrak

Masalah dalam penelitian ini berawal dari observasi dan pengamatan peneliti yaitu rendahnya kondisi fisik pemain Sekolah sepakbola (SSB) Generasi muda ganting (GMG) Kelompok Umur-15 Kota Padang panjang, hal ini terlihat saat mengikuti uji coba dan pertandingan. Terlihat pada babak kedua, para pemain mulai melakukan kesalahan-kesalahan dan kehilangan konsentrasi didalam bermain. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik kondisi fisik yang dimiliki pemain Sekolah sepakbola (SSB) Generasi muda ganting (GMG) Kelompok Umur-15 Kota Padang panjang yang berkenaan dengan daya tahan, kecepatan dan kelincahan.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah pemain Sekolah sepakbola (SSB) Generasi muda ganting (GMG) Kelompok Umur-15 Kota Padang panjang yang berjumlah 20 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan Total Sampling. Data yang diperoleh yaitu Daya Tahan dengan Beep Test, Kecepatan dengan lari 30 meter dan kelincahan dengan Zig-zag Run Test. Setelah data didapat, maka teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tabulasi frekwensi.

Dari hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Tinjauan daya tahan yang dominan dimiliki pemain Sekolah sepakbola (SSB) Generasi muda ganting (GMG) Kelompok Umur-15 Kota Padang panjang adalah 34 - 42 tergolong kategori sedang (60%), 2), Tinjauan kecepatan yang dominan dimiliki pemain Sekolah sepakbola (SSB) Generasi muda ganting (GMG) Kelompok Umur-15 Kota Padang panjang adalah 4,35 – 4,72 tergolong kategori sedang (40%),  Tinjauan kelincahan yang dominan dimiliki pemain Sekolah sepakbola (SSB) Generasi muda ganting (GMG) Kelompok Umur-15 Kota Padang panjang adalah 7,90 – 8,90  tergolong kategori kurang (50%).


Full Text:

PDF