PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS-ASSISTED INDIVIDUALIZATIAON (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI DI SMAN 1 BUKIT SUNDI, KAB. SOLOK
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar Geografi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Bukit Sundi Kabupaten Solok, dimana masalah penelitian ini terdapat pada rendahnya hasil belajar. Penelitian ini tergolong pada penelitian Eksperimen yang bernuansa Komparatif, dimana rancangan penelitian termasuk pada Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 1 Bukit Sundi Kabupaten Solok. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan cluster sampling. Instrumen yang digunakan dalam pelitian ini adalah tes hasil belajar siswa yang dilakukan pada akhir kegiatan penelitian. Data yang diperoleh dianalisis dilakukan menggunakan uji-t, hasil analisis dari uji hipotesis yang dilakukan dengan uji-t, diperoleh thitung > ttabel maka hipotesis yang diperoleh dapat diterima. Dengan demikian penerapan pengaruh pembelajaran Cooperatif Teams-Assisted Individualizatiaon (TAI) lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa di kelas XI IPS pada semester 1 SMAN 1 Bukit Sundi Kabupaten Solok.
Kata kunci: Model Pembelajaran, Teams Assisted Individualization, Hasil Belajar