Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Permainan Kartu Doremi (pada Mata Pelajaran Ekonomi)

wirda nelis - SMAN 3 BATUSANGKGAR

Abstract


Proses belajar mengajar dengan menggunakan media  kartu  bermanfaat untuk menciptakan suasana pembelajaran siswa yang ceria, bersemangat, kreatif, inovatif  dan menyenangkan sehingga materi pembelajaran dapat dipahami dengan baik yang akhirnya tercapai hasil belajar yang memuaskan.  Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas ( PTK ), Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 3 Batusangkar , prosedur penelitian ini terdiri dari 3 tahapan/siklus  , setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan. Instumen yang digunakan adalah lembaran observasi ( wawancara), angket, dan daftar hasil  belajar . Berdasarkan data dan fakta yang penulis temui analisa data dilakukan  secara kwalitatif.  Penggunaan  Kartu Doremi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN 3 Batusangkar,  dibuktikan dengan semakin bertambahnya jumlah siswa  bisa mencapai Ketuntasan belajar minimal  dari dari siklus satu  sampai siklus tiga , persentase siswa dalam  mencapai KKM juga  semakin meningkat.


Full Text:

PDF

References


Agustina, R. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Anak Usia Dini melalui Media Kartu Huruf Kelompok A di RA Muslimat NU Donorojo I Mertoyudan Magelan. (S-1 Skripsi), Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Anderson, R. H. (1994). Pemilihan dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran (Yusufhadi Miarso dkk., Trans.). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Arsyad, Azhar. (2008). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dina, Indriana. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran yogjakarta: DIVA Press.

Heksanti, Mei Yuanita. (2012). Penggunaan Media Kartu Domino-Kwartet (DOMTET) dalam pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Jerman kelas XI Bahasa SMA Negari 1 Tumpang.Skripsi. Malang.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

UU Sisdiknas No 20 tahun 2003, Jakarta, Sinar Grafika cetakan kedua.

Wardhani, A. (2012). Keefektifan Media Kartu Kata Bergambar dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD N Krandegan Bayan Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. (S-1 Skripsi), Univeritas Negeri Yogyakarta.

Whittaker, J. O. (1976). Introduction to Psychology. Philadelphia: Harcourt College Publishers.

Winkel, W. S. (1989). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v3i3.9981