Pengaruh Karakter Wirausaha, Minat Berwirausaha dan Lingkungan Keluarga Terhadap Aktivitas Berwirausaha Mahasiswa Universitas Negeri Padang
Abstract
The research aims to identify and analysis the effect of Entrepreneuship character, Entrepreneurhip interest and family environment on student Entrepreneurhip activity in Universitas Negeri Padang. The population in the research were qualifying for pass funded PKM-K and PMW 2018 in Universitas Negeri Padang. The analytical method used is path analysis using the SPSS version 21 program. The result show that 1) entrepreneurship character have a significant effect on entrepreneurial interest of student in Universitas Negeri Padang (62,4%.) 2) The family environment have a significant effect on entrepreneurial interest of students in Universitas Negeri Padang (39,1%). 3) entrepreneurship character have a significant effect on entrepreneurial activity of student in Universitas Negeri Padang (61,9%). 4) The family environment have a significant effect on entrepreneurial activity of students in Universitas Negeri Padang (41,1%). 5) Interest in entrepreneurship has a significant negative effect on student entrepreneurial activity at Universitas Negeri Padang (-39,5%).
Keywords: entrepreneurship character, entrepreneurship interest, family environment, entrepreneurship activity
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, Nadim dan Richard G. Seymour. 2008. Defining EntrepreneurialActivity: Definitions Supporting Frameworks for Data Collection. Dalam OECD Statistics Working Paper, Volume No.- Hal.1-15. Sydney:University of Sydney.
Aprilianty, Eka. 2012. Pengaruh Kepribadian Wirausaha, Pengetahuan Kewirausahaan, Dan Lingkungan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Smk. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 2, Nomor 3, November 2012
Badan Pusat Statistik. 2019. Penganggran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamat-kan 2016 2018. https://www.bps.go.id/statictable/2009/04/16/972/pengangguran-terbuka-menurut-pendidikan-tertinggi yang-ditamatkan-1986---2018.html (Februari 2019)
Budy, Doddy Astya. 2018. Pengaruh Kepribadian Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Aktivitas Berwirausaha Mahasiswa Di Universitas Respati Indonesia Jakarta. Journal for Business and Entrepreneur ISSN 2501-6682. Vol. 2 No. 1 January – June 2018.
Citradewi, Adelina. 2016. Pengaruh Kepribadian, Pendidikan Kewirausahaan, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Aktivitas Berwirausaha Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. p-ISSN 2252-6544. e-ISSN 2502-356X. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Engko, C. dan Gudono. 2007. Pengaruh Kompleksitas Tugas dan Locus of Control terhadap Hubungan antara Gaya Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja Auditor. JAAI Volume 11(2).(h) : 105-124.
Giriyanti, Indri & Oktarina, Nina. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Pada mata Pelajaran Kearsipan Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran II di SMKN 9 Semarang Tahun Ajaran 2014-2015. Dalam Economic Education Analysis Journal, ISSN 2252-6544. Hal 617. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Kasim. Muhammad. 2012. Pentingnya Motivasi Dan Minat Terhadap Manajemen Kinerja Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan di Sma Kota Palu. Jurnal Academicafisip Untad Vol.04 No. 01 Pebruari 2012.
Kurnia Sari, Anggun, dkk. 2008. Hubungan Antara Internal Locus of Control dengan Minat Berwirausaha Alumni Pelatihan Bordir di LKP Muslimah Group. Dalam Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. Volume 6, Nomor 1, April 2008. Sumate Barat: Universitas Negeri Padang.
Siswadi, Yudi.2013. Analisis faktor internal, faktor eksternal dan pembelajaran kewirausahaan yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam berwirausa-ha.Dalam jurnal manajemen dan bisnis. Vol 13 No. 01 April 2013.ISSN 1693-7619.Universitas Muhammadiyah: Sumatera Utara
Triyanto dan Cahyono, Edi. 2016. Analisis Niat Berwirausaha Mahasiswa Ditinjau Dari Perspektif Pendekatan Psikologis. Buletin Ekonomi Vol.14, No. 2,Desember 2016 hal 101-208.
Yaumi, Muhammad. 2011. Aktivitas Pembelajaran dan Teori Aktivitas (Artikel). https://www. scribd.com/doc/52173631/ Aktivitas-Pembelajaran-Dan-Teori-Aktivitas. (27 Februari 2015)
Zubaedi.(2011). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v3i1.8527