Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga, Prestasi Belajar, dan Kesempatan Kerja Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Program Magister Fakultas Ekonomi UNP

Sonny Taufik - Universitas Negeri Padang
Tri Kurniawati - Universitas Negeri Padang

Abstract


This study aims to analyze: 1) the effect of family socio-economic conditions on student achievement in the Faculty of Economic UNP. 2) the effect of family socio-economic conditions, student achievement, work opportunities on the interest in continuing education to the Faculty of Economic UNP Masters Program. The type of research is associative descriptive research. The sampling technique used is proportional random sampling, with 79 samples. The data analysis technique used in this study is a descriptive analysisand path analysis. The results show that (1) Family socio-economic conditions has a positive and significant effect on student achievement, (2) Family socio-economic conditions has no significant effect on interest in continuing education to the master's program, (3) Student achievement has a significant effect on interest in continuing education to the master program, (4) Job opportunities has a significant effect on the interest in continuing education to the master program, (5) family socio-economic conditions has indirect effect on the interest in continuing master program through student achievment. 

Keywords: family socio-economic condition, student achievement, employment oppurtunity, interest in continuing education to the master program


Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal.2012. Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya Cipta

Buku Statistik Pendidikan Tinggi. (2018). Diakses 20 Agustus 2019.

Anggraeni, D.A. (2016). PengaruhPrestasiBelajar, Pendidikan Orang Tua, InformasiPenawaranBeasiswa S2 TerhadapMinatMelanjutkanStudi S2 PadaMahasiswa Prodi PendidikanEkonomi FE UNY Angkatan 2012.Skripsi: UniversitasNegeri Yogyakarta.

Gerungan, W.A. (2004). PsikologiSosial. Bandung: PT. RafikaAditama.

Haq, M.A. (2015). Pengaruh prestasi belajar, kondisi sosial ekonomi orang tua dan self dan self efficacy terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI IPS Man 2 Semarang Tahun ajaran 2014/2015.Skripsi. Universitas Negeri Semarang

Herdiyanti, Rizki. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII Ips Semester Genap Sma Perintis 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Skripsi.universitas Lampung

Hurlock B, E. (2006). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga

_________. (2012). Perkembangan anak jilid 2. Jakarta: Erlangga

Martini. (2011). Analisa Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Jurusan Akuntansi Sebagai Tempat Kuliah Di Perguruan Tinggi.Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Budi Luhur Jakarta

Prawira, Adi. (2016). Pengaruh Kondisi sosial Ekonomi orang tua, keterampilan mengajar, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi di SMA N 5 Padang.Tesis. Universitas Negeri Padang

Sardiman. (2006). Interaksi&motivasibelajarmengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Soekanto, Soerjono. (2004). Sosiologi Keluarga. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Solehudin, Amin. (2016). Minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi ditinjau dari persepsi peluang kerja dan latar belakang kondisi ekonomi orang tua pada siswa SMK Muhammadiyah 3 Nogosari Boyolali.Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Slameto. (2010). BelajardanFaktor-Faktor Yang Mempengaruhinya.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). StatistikaUntukPenelitian. Bandung: Alfabeta.

Ulfa, Luluk.D.R. (2018). PengaruhPrestasiBelajar, Kondisi Lingkungan Keluarga, Ekspektasi Kerja TerhadapMinatMelanjutkanStudi S2 PadaMahasiswa PendidikanEkonomi FE UNY Angkatan 2014.Skripsi: UniversitasNegeri Yogyakarta.

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.

Undang-Undang No 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v3i1.8486