Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Jasa, Dagang Dan Manufaktur Siswa Kelas XI Akuntansi Keuangan Lembaga di SMK Negeri 2 Pariaman Tahun Ajaran 2018/2019

Govin Afrinaval - Universitas Negeri Padang
Syamwil Syamwil - Universitas Negeri Padang

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of Learning Habits and Learning Environments on accounting services, trade and manufacturing practicum subject Learning Achievement to Class XI Accounting SMK Negeri 2 Pariaman. Population was 106 students. Sample was 85 students selected by using sampling technique simple random sampling. Data were collected by questionnaires and documentation method. The method of analysis in this study was a quantitative analysis, the multiple linear regressions. The results showed that: 1) Learning Habits and Learning Environtment had a significant effect on student the learning achievement, (2) Learning Habits had a positive and significant effect on student learning achievment, (3) Learning Environment had a negative and significant effect on student learning achievement.

 

Keywords: learning achievement, learning habits and learning environment


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bahri, Syaiful Djamarah. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hakim, Muhammad Arif Rahman. (2015) Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V di MIN Bitung Jaya. Repository Universitas Islam Negeri Jakarta

Hamalik, Oemar. (2010). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru. PT. Bumi Aksara

Lubis, Siti Yunita. 2017. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 14 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Repository Universitas Negeri Medan

Luthfi, Muhammad. (2015) Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X SMA Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2014/2015. Repository Universitas Negeri Medan

Mariana R., Nugraha A., Rachmawati Y. (2010). Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana Media Grup

Muhari, Ahmad. (2015). Hubungan Lingkungan Belajar dengan Hasil Belajar Siswa SDN No.80/i Muara Bulian. Jambi: FKIP Universitas Jambi.

Napitupulu, Mawarni Selvina. (2018). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Pelajaran 2017/2018. Repository Universitas Negeri Medan

Saleh, Ari Mahran (2017) Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Kelas VIII SMP Darussalam Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Repository Universitas Negeri Medan.

Seba, Ayuning Olga. (2017). Pengaruh Dinamika Kelompok dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ssiswa Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Jambi: FKIP Universitas Jambi.

Sigiro, Sandro Arga. (2016). Pengaruh Lingkungan Dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi SiswamKelas XII SMA Katolik 1 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2016/2017 Repository Universitas Negeri Medan

Sitinjak, Ervina. (2014). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Swasta Teladan Indrapura Kabupaten Batubara Tahun Ajaran 2013/2014. Repository Universitas Negeri Medan

Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset

Sugihartono, dkk. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). Landasan Psikologi dan Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suratno. (2013) Pengaruh Penerapan Layanan Bimbingan Belajar Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Medan. Repository Universitas Negeri Medan.

Syah, Muhibbin. (2013). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.

Bandung: Remaja Rosdakrya.

Utami, Elita. (2015). Hubungan Lingkungan Belajar dengan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri 110/1 Tenam Kabupaten Batanghari. Jambi: FKIP Universitas Jambi.

Wijiastuti, Yuli. (2013). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi. Media Peneliti




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v2i4.7840