Analisis Prokrastinasi Dalam Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan 2015 Universitas Negeri Padang

Fitrah Fitrah - Universitas Negeri Padang
Agus Irianto - Universitas Negeri Padang

Abstract


This Research aims to identify and analyze the influence of adversity quotient and parents' socio-economic conditions on procrastination in doing thesis on students of 2015 economic education majoring in Padang State University. The population in this research were students of 2015 economic education majoring in Padang State University who were taking a thesis course. The analytical method used is multiple regression analysis and data analysis process using the SPSS version 21 program. The results show that 1) there is a significant influence between adversity quotient and parents' socio-economic conditions on procrastination in working on a thesis. 2) there is a significant negative effect between adversity quotient on procrastination in working on a thesis. 3) there is a significant negative effect between parents' socio-economic conditions on procrastination in working on a thesis.

Keyword: adversity quotient, socio-economic, procrastination


Full Text:

PDF

References


Anggraini, Windri Novita. 2016. Hubungan Antara Daya Juang dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir yang Mengerjakan Skripsi. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Ernima, Yosefhin Rika dkk. 2016. “Locus of Control dan Prokrastinasi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2013 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang”. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Vol.4 No.2

Fauziah, Hana Hanifah. 2015. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung”. Jurnal Ilmiah Psikologi Vol.2 No.2

Ghufron, M. Nur & Rini Risnawati (ed). 2016. Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-ruzz Media

Hawandi, Retno Inten. 2018. Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua dan Prokrastinasi dalam mengerjakan skripsi pada mahasiswa. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia

Irianto, Agus. 2015. Statistik. Jakarta: Prenadamedia Group

Mutia. Dewi. 2018. Hubungan Antara Adversity quotient dan Prokrastinasi dalam Mengerjakan Tugas Akhir pada Mahasiswa Program Studi X Universitas Islam Indonesia. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia

Putrie, Chientya Annisa Rahman. 2019. Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua, Minat Belajar dan Prokrastinasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Pada SMA Negeri Akreditasi A di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 12. No. 1

Rahayu, Anizar dan Lisa Dwi Lastary. 2018. Hubungan Dukungan Sosial dan Self Efficacy dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Perantau yang Berkuliah di Jakarta. Jurnal Humaniora Vol.2 No.2

Stoltz, P.G. (2007). Adversity quotient, Mengubah Hambatan Menjadi Peluang (diterjemahkan oleh T Hermaya). Jakarta: Grasindo

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suyono, Akhmad. “Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar yang Dimediasi oleh Fasilitas Belajar”. Jurnal Imu Pendidikan. Hlm.1-14

Ursia, Nela Regar dkk. 2013. “Prokrastinasi Akademik dan Self-Control pada Mahasiswa Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya”. Jurnal Sosial Humaniora. Hlm.1-18




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v2i3.7412