PENGARUH PRESTASI BELAJAR DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP PENYELESAIAN SKRIPSI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNP

Hazimatul Ulfah - Universitas Negeri Padang
Tri Kurniawati - Universitas Negeri Padang
Efni Cerya - Universitas Negeri Padang

Abstract


Abstract: This study aims to examine the effect of learning achievement and adversity quotient on the completion of the thesis of economic education students in the economic faculty of Padang State University. This research is a descriptive study. The population in this study were students of economic education who graduated in June, September and December 2018. This study used primary data. The analytical method used is multiple regression analysis using SPSS version 25. The results of this study indicate that 1) Learning achievement has a positive and significant effect on the completion of the thesis of economic education students with a significance value of 0.014 <0.05 2) Adversity Quotient has a positive and significant effect towards completion of the thesis of economic education students with a significant value of 0.012 <0.05 3) Learning achievement and Adversity Quotient together have a positive and significant effect on the completing of student thesis with a significance value of 0.000 <0.05.

Keywords: learning achievement, adversity quotient and completing of  the thesis

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Abu Ahmadi. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Akbar. 2013. Hubungan antara kecerdasan emosional dengan kecemasan pada mahasiswa STIKES Nani Hasanudin Makassar yang sedang menyusun Skripsi. Volume 2. Nomor 1. Tahun 2013.

A.Muri Yusuf. 2014. Metologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Pranadamedia Group.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan aktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Creswell, John W. 2015. Riset Pendidikan Perencanaan Pelaksanaan,dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Idris. 2010. Aplikasi Model analisis Data Kuantitatif dengan Program SPSS Edisi Revisi III. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Masnur Muslich dan Maryeni. 2013. Bagaimana Menulis Skripsi?. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Moch Imran. 2011. Cara Mudah Menyusun Skripsi. Jakarta: CV Sagung Seto.

Muhibin Syah. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Prayitno. 2007. Pengembangan Potensi Mahasiswa. Padang: UNP Press

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Stoltz,G Paul.2000.Adversity Quotient Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta:PT Grasindo.

Syahron Lubis. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Padang: Sukabina Press.

Sudijono,Anas.2003. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono.2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tirtonegoro, S. 2006. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 Tahun 2003) Pasal 19 Ayat 1 tentang Pendidikan Tinggi

UNP. 2014. Panduan Penulisan Skripsi dan TA Jurusan Pendidikan Ekonomi. Padang: Departemen Pendidikan Nasional UNP.

____. 2016. Buku Pedoman Akademik Universitas Negeri Padang. Padang: Departemen Pendidikan Nasional UNP.

____. 2017. Materi Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru UNP. Padang: Departemen Pendidikan Nasional UNP.

Wasty Soemanto. 2009. Pedoman Teknik Penulisan Skripsi (Karya Ilmiah). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Winkel. 2008. Psikologi Pengajaran, Jakarta: Gramedia Pustaka Tama.

Witherington Cart. 2003. Psikilogi Pendidikan Terjemahan M Ngalim Purwanto. Jakarta: Remaja Rindu Jaya




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v1i4.5668