PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII SMK BISNIS MANAJEMEN DI KOTA SOLOK
Abstract
Abstract: This study aims to examine the effect of learning motivation and industrial work practices on the work readiness students of class XII in business management vocational schools in Solok city. This reseach is descriptive associative. The population in this study is all students class XII of business management vocational schools in Solok city using primary data and secondary data. The analytical method used is path analysis using the SPSS version 21. The results of this study indicate that:1. Learning motivation has a positive and signifivant effect on Industrial work practices 2. Learning motivation has a positive and significant effect on work readiness 3. Industrial work practices have a positive and significant effect on work readiness
Keywords: learning motivation, industrial work practices, work readiness
Full Text:
PDFReferences
Alindra, Deddy. 2015. Pengaruh Pengalaman Prakerin terhadap Kesiapan Kerja Siswa Jurusan Teknik Bangunan SMK N 2 Payakumbuh.Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan FT UNP. Vol 3 No 3 Hal 695-702.
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
______ , Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hastuti, Sri Rahayu. 2012. Hubungan Hasil Belajar Produktif dan Pengalaman Praktik Kerja Industri (Prakerin) dengan Kesiapan Kerja di Bidang elektronika Siswa SMK kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Audio Vidio di Kabupaten Agam.Tesis. Padang: Program Studi magister, Pendidikan Teknologi dan kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.
Jukianto.2017. Pengaruh Prakerin dan Peran Guru Pembimbing Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Pemasaran SMKNegeri 1 Kota Jambi.Skripsi.Jambi: Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, PIPS FKIP Unja.
Pratiwi, Astari dkk.2016.Pengaruh Pengalaman Prakerin, Motivasi Kerja, dan Prestasi Belajar Produktif Terhadap Kesipan Kerja Siswa.Jurnal Jurusan pendidikan Ekonomi, PIPS FKIP Unila.
Prawira, Purwa Atmaja. 2014. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru.Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Rahmi, Aulia. 2013. Pengaruh Latar Belakang Ekonomi Keluarga dan Pengalaman Praktik Kerja Industri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Program Studi Bisnis Manajemen SMKN 2 Bukittinggi.Ejournal UNP. Hal 1-12.
Rahmi, Fairuz Aniqo. 2016. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Kesiapan Kerja Peserta Didik Pelatihan teknik Otomotif di UPT pelatihan Kerja/BLK Surabaya.Jurnal. Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Surabaya.Vol 5, No 2. Hal 1-10.
Slavin, E. Robert. 2011. Educational Psycology. (terjemahan). Jakarta: Indeks.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Stevani dan Yulhendri. 2014. Pengaruh Praktek Kerja Industri (Prakerin), Keterampilan Siswa dan Self Efficacy terhadap kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa Administrasi Perkantoran SMK Negeri Bisnis dan Manajemen Kota Padang. Hal 53-61
Uno, Hamzah B. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta:Bumi Aksara.
Wena, Made.1996. Pendidikan Sistem Ganda. Bandung: Tarsito.
Zurniati. 2013.Pengaruh Moivasi Belajar, Kinerja Intensitas Pembimbingan Prakerin terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Pariwisata DIY. Jurnal Pendidikan Vokasi, Universitas Negeri Yogyakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v1i4.5666