Exploring the Impact of Lifestyle Choices on Consumptive Behavior
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Alamanda, Y. (2019). Pengaruh Harga Diri dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 273–279. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i2.4570
Amalia, D., & Sentosa, E. (2023). International Journal of Social Science And Human Research Analysis of Consumptive Behavior of K-Pop Fans in Affected West Jakarta by the Effect of Lifestyle and Financial Literacy. International Journal of Social Science And Human Research, 6(1), 70–75. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v6-i1-11
Andira, A. M. W., & Asiyah, B. N. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Sikap Keuangan dan Kepribadian Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja pada Group Order by Oohstuf. Jurnal Riset Ekonomi, 2(4), 465–478.
Andrian, Putra, C. I. W., Jumawan, & Nursal, M. F. (2022). Perilaku Konsumen (R. Iye & E. De. Widyawaty (eds.); 1st ed.). Penerbit Rena Cipta Mandiri.
Armelia, Y., & Irianto, A. (2021). Pengaruh Uang Saku dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Ecogen, 4(3), 418–426. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v4i3.11509
David, M., Sumi, A., & Wicaksono, A. Y. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Kelas Sosial , Dan Kepribadian Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perumahan Griya Permata Insani. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KH.Ahmad Dahlan Lamongan, 4(1), 131–137.
Firdaus, A. B., & Pusposari, L. F. (2022). The Influence of Economic Literacy and Lifestyle on the Consumptive Behavior of Students. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(2), 172–182. https://doi.org/10.18860/jpips.v8i2.15260
Fitrah, A., & Chaidir, T. (2024). The Effect of Lifestyle , Conformity , and E-Money on Online Shopping Consumptive Behavior in Generation Z in the City of Mataram. International Journal of Scientific Research and Management, 12(05), 6475–6487. https://doi.org/10.18535/ijsrm/v12i05.em17
Fitriyani, N., Widodo, P. B., & Fauziah, N. (2021). Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Di Genuk Indah Semarang. Jurnal Psikologi Undip, 10(3), 167–174. https://doi.org/10.14710/empati.2021.31280
Gafar, A., & Syahrun. (2023). Peranan Remaja dengan Konsep Basimpuah dan Baselo dalam Pencegahan Risiko HIV/AIDS (Z. R. Rahayu & E. Hadid (eds.); 1st ed.). Penerbit NEM.
Herlizah, N., & Subali. (2023). Pengaruh Penggunaan Dompet Digital Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Kelurahan Cakung Timur , Kecamatan Cakung , Jakarta Timur. Efektor, 10(2), 253–262. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/e.v10i2.20661
Hidayah, N., & Permana, B. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Keputusan Pembelian pada Pemanfaatan Layanan Jasa Keuangan Investasi Aplikasi Bibit. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(November), 8968–8976.
Insana, D. R. M., & Johan, R. S. (2020). Analisis Pengaruh Pengunaan Uang Elektronik Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta PGRI. Journal of Applied Business and Economics, 7(2), 209–224.
Khairulanam, R. S., & Surjanti, J. (2024). Pengaruh Literasi Ekonomi Gaya Hidup dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 154–160. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jupe.v12n2.p154-160
Lestari, N. T., & Moh. Faizin. (2022). Pengaruh Konsep Diri, Gaya Hidup Dan Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Muslim Di Madiun. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 2(2), 229–244. https://doi.org/10.21154/niqosiya.v2i2.923
Luas, G. N., Irawan, S., & Windrawanto, Y. (2023). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(1), 1–7.
Maharani, P., & Hendrastomo, G. (2022). Fenomena Beauty Vlogger Pada Perilaku Konsumtif di Kalangan Mahasiswi Yogyakarta. Jurnal Kajian Sosiologi, 11(2), 1–15.
Morissan. (2019). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi (6th ed.). kencana.
Muazam, A. R. (2020). Transaksi E-commerce didominasi generasi Z dan milenial. Alinea.Id. https://www.alinea.id/gaya-hidup/transaksi-e-commerce-didominasi-generasi-z-dan-milenial-b1ZRL9woj
Mujahidah, N. (2020). Analisis Perilaku Konsumtif dan Penanganannya (studi Kasus Pada Satu peerta Didik di SMK Negeri 8 Makassar).
Mukhtazar. (2020). Prosedur Penelitian Pendidikan (E. Taufiq (ed.); 1st ed.). Absolute Media.
Mustafa, M. yushar, Rauf, deddy ibrahim, & Killa, braem abraha. (2023). Consumer Behavior: Lifestyle, Social Media and Peer Friends on COnsumptive Behavior Online Shopping For Fashion Products On The TikTok Platform. International Journal of Humanity Advance, Business & Sciences, 1(1), 33–43.
Nainggolan, H. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Kontrol diri dan Penggunaan E-Money terhadap perilaku konsumfit pekerja produksi PT Pertamina Balikpapan. Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah, 5(1), 810–826. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.574
Nazarudin, H., & Widiastuti, T. (2022). Gaya Hidup Hedonisme dan Perilaku Konsumtif Remaja Putri Kota Kupang. Jurnal Ilmiah Aset, 24(1), 29–35.
Nurhayati, D. (2021). Literasi Ekonomi (Theory and Research) (T. Hidayati (ed.); 1st ed.). CV. Pena Persada.
Nurjanah, R. A., & Sari, E. Y. D. (2022). Peran Kontrol Diri dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Selama Pandemi pada Pengguna Aplikasi Shopee. 5(1), 1–15.
Pratminingsih, S. A., Hayati, N., Sukandi, P., Rahmayanti, R., Sujai, R. A. D. A., & Akbar, Y. K. (2021). The Influence Of Lifestyle, Hedonic Motivation, And Sales Promotion On Impulse Buying. Review of International Geographical Education Online, 11(6), 705–713. https://doi.org/10.48047/rigeo.11.06.87
Putri, N., & Hanafi, S. M. (2023). Factors Affecting Muslim Fashion Products and Lifestyle Purchasing Decisions as Moderation. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 10(6). https://doi.org/10.20473/vol10iss20236pp571-591
Ritonga, L. S., & Adiati, R. P. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis dan Self-Esteem terhadap Perilaku Konsumtif pada Remaja di Surabaya. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental, 2(1), 476–485.
Septiansari, D., & Handayani, T. (2021). Pengaruh Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Teknologi, 5(1), 53–65.
Setiawan, A. (2019). Hubungan antara Perilaku Konformitas dengan Perilaku Konsumtif Saat Belanja Online Shop Pada Mahasiswi Angkatan 2016 FIP Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi, 6(4), 1–6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/29687
Sinaga, D. (2019). Mengurangi Perilaku Konsumtif Sejak Dini. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/keluarga/20180103112641-436-266337/mengurangi-perilaku-konsumtif-sejak-dini
Sudiro, P. I., & Asandimitra, N. (2022). Pengaruh Financial Literacy , Uang Elektronik, Demografi, Gaya Hidup, dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Milenial. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 160–172.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Sukmana, Y., & Safitri, K. (2020). Dua Generasi Ini Jadi Penyumbang Terbesar Transaksi E-commerce di RI. Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2020/08/04/190000226/dua-generasi-ini-jadi-penyumbang-terbesar-transaksi-e-commerce-di-ri?page=all
Sulistyowati, & Zainuna, A. (2023). Hedonis Lifestyle on Impulse Buying Behavior Monzer Kahf Islamic Consumption Perspective. Management and Economics Journal, 7(1), 113–126. https://doi.org/http://dx.doi.org 10.18860/mec-j.v7i1.19779
Sutarmin, Maulida, S., Sugiyanto, & Budiarti, W. (2023). Financial Literacy and Financial Attitude Analysis Lifestyle-Mediated on Shopee Consumer Consumptive Behavior in Generation Z. The Journal of Management Theory and Practice, 4(2), 47–53. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37231/jmtp.2023.4.2.370
Sutisna, & Susan, M. (2022). Perilaku Konsumen: Sebagai Dasar Untuk Merancang Strategi Pemasaran (L. Mayasari (ed.); 1st ed.). Andi Yogyakarta.
Tirtayasa, S., Nevianda, M., & Syahrial, H. (2020). The Effect of Hedonic Shopping Motivation , Shopping Lifestyle And Fashion Involvement With Impulse Buying. International Journal of Business Economics, 2(1), 18–28. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/ijbe.v2i1.5715
Umasangaji, A., Louhenapessy, W. G., & Rehatta, G. (2023). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019-2020. Jendela Pengetahuan, 16(2), 164–173.
Wahyuni, R., Irfani, H., Syahrina, I. A., & Mariana, R. (2019). Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online Pada Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Jurnal Benefita, 4(3), 548–559. https://doi.org/DOI : 10.22216/jbe.v4i3.4194
Wardani, L. M. I., & Anggadita, R. (2021). Konsep Diri dan Konformitas Pada Perilaku Konsumtif Remaja. Penerbit NEM.
Warhani, S. L., & Wibowo, B. S. (2019). Pengaruh Konformitas dan Konsep Diri ( Prestige ) terhadap Minat Beli Online Mahasiswa dengan Perilaku Konsumtif Mahasiswa sebagai Variabel Pemediasi. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 5, 346–363.
Watung, S. R. (2022). Literasi Ekonomi dan Modernitas Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (R. Ardyanto & R. Nur (eds.); 1st ed.). CV. Bintang Semesta Media.
Widiasari, Lizein, B., Kristini, mita ayu, Nursiva, rizka tiara, & Saputri, erliana eka. (2023). The Effect of Lifestyle, Pocket Money, Financial Literacy on Students’ Consumptive Behavior. Journal of Economic Global, 1(1), 47–55.
Yanti, R., Suryani, I., & Putri, I. (2022). Buku Ajar Statistik dan Probabilitas Dasar (R. M. Sari (ed.); 1st ed.). PT Serasi Media Teknologi.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v7i3.16276