Pengaruh Lingkungan Sekolah, Kesadaran Diri, Minat Belajar terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa

Siti Sabila - Universitas Negeri Padang
Jean Marna - Universitas Negeri Padang

Abstract


The objective of this research is to rephrase the goals of the study as follows:1) The Effect of school environment to the discipline of learning of SMP Negeri 1 Banuhampu, 2) The Effect of Self Awareness to  the discipline of learning of SMP Negeri 1 Banuhampu, 3) The  curiosity in Learning to the discipline of learning of SMP Negeri 1 Banuhampu.  This study employs a quantitative approach using the descriptive methodology. The all of students at SMP Negeri 1 Banuhampu constituted the study's population. This study's sample comprised students belonging to the VII and IX grades. In this study, a purposive sampling method was employed for sample selection.  The method utilized for analyzing the data involved multiple linear regression analysis techniques. The research instrument used a Questionnaire instrument with a Likert Scale.  Derived from the study's outcomes, it shows that the school environment, self-awareness and interest in learning simultaneously affect the learning discipline of students at SMP Negeri 1 Banuhampu.

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Carmen Gietz, by. (2011). Relations Between Student Perceptions of Their School Environment And Academic Achievement. August.

Dini, J. (2022). Analisis kegiatan mendongeng dalam meningkatkan perkembangan nilai moral anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 903.

Esmiati, A. N., Prihartanti, N., & Partini, P. (2020). Efektivitas pelatihan kesadaran diri untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 8(1), 113. https://doi.org/10.22219/jipt.v8i1.11052

Goleman D. (2018). Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. PT Gramedia.

Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 2(1), 40–52.

Hayati, I., Sholahuddin, A., & Irhasyuarna, Y. (2020). Meningkatkan Pengetahuan Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 5 Fase Pada Materi Reaksi Reduksi Dan Oksidasi. Jcae (Journal Of Chemistry And Education), 3(3), 118–125.

Khairunnisa, H. (2017). Self esteem, self awareness dan perilaku asertif pada remaja. University of Muhammadiyah Malang.

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 0(0), 745–751.

Matussolikhah, R., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 225–236.

Mendatu, A. (2010). Pikiran Sosial Manusia: Sebuah Pengantar Singkat. Psikoeduka.

Mudana, I. N. O., Dharsana, I. K., & Suranata, K. (2014). Penerapan Konseling Gestalt dengan Teknik Reframing untuk Meningkatkan Kesadaran Diri dalam Belajar Siswa Kelas VIII A1 SMP Negeri 4 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).

Muhibbin Syah. (2010). Psikologi Belajar. Rajagrafindo Persada.

Nisa, F., Fathurohman, I., & Setiawan, D. (2021). Karakter Kedisiplinan Belajar Anak SDN 2 Muryolobo pada Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(4), 1179–1186.

Pratiwi, R. S., & Muhsin. (2018). Pengaruh tata tertib sekolah, lingkungan keluarga, lingkungan teman sebaya, dan minat belajar terhadap disiplin belajar. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 638–653. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/28281

Putra, A. P., Mujanah, S., & Susanti, N. (2022). Pengaruh self awareness, etos kerja, resiliensi, terhadap organization citizenship behavior (OCB) dan kinerja tenaga kependidikan di perguruan tinggi swasta Surabaya. Media Mahardhika, 20(2), 311–321.

Putri, A. N., & Mufidah, N. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kedisiplinan Siswa. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 2(1), 133–148. https://doi.org/10.21154/asanka.v2i1.3031

Rahayu, F. (2017). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, MINAT BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Fitri Rahayu. 8–17.

Rini, E. S. (2015). Pengaruh perhatian orang tua dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 9(2).

Rohman, F. (2018). Peran Pendidik dalam Pembinaan Disiplin Siswa di Sekolah/Madrasah. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 4(1).

Sarwono, S. (2010). Psikologi remaja. Rajawali Pers.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Slameto D. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.

Sudarmono dkk. (2017). PENGARUH KESADARAN DIRI TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IX SMPN 9 SAMPIT. Journal Manajement System.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan (5th ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Suryabrata, S. (2008). Psikologi Pendidikan. Rajagrafindo Persada.

Syarafina, S. O., Nurdibyanandaru, D., & Hendriani, W. (2019). Pengaruh optimisme dan kesadaran diri terhadap adversity quotient mahasiswa skripsi sambil bekerja. Cognicia, 7(3), 295–307.

Tu’u Tulus. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. PT Grasindo.

Ulhusna, M., Putri, S. D., & Zakirman, Z. (2020). Permainan Ludo untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Elementary Education, 4(2), 130–137.

Umar H. (2011). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Rajagrafindo Persada.

Undang-undang SISDIKNAS (UU RI No. 20 Th. 2003) (IV). (2011). Sinar Grafika.

Wahid, F. S. (2020). PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA. Jurnal Ilmiah Indonesia, 5.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v6i3.15037