Pengaruh Pendidikan Karakter, Kreativitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa

Aspiani Aspiani - Universitas Patompo Makassar
Muh. Ilyas Tahir - Universitas Patompo Makassar
Andi Sulolipu - Universitas Patompo Makassar
Elpisah Elpisah - Universitas Patompo Makassar

Abstract


This study aims to determine the effect of Character Education, Learning Creativity and Learning Motivation on Student Achievement in terms of Knowledge and Attitude Values partially and simultaneously as well as the most influential variables. The population is all class XI SMAS Darul Falah Enrekang. Data collection uses a sample selection technique with a non-probability sampling method. Based on predetermined criteria, the sample processed was 64 people who studied Economics with the data collection techniques used were observation, questionnaires and documentation. The data analysis technique used is simple regression analysis and multiple linear regression using SPSS software ver.22.

The results of this study indicate that character education, learning creativity and learning motivation partially and simultaneously have a positive effect and the variable character education has the most dominant effect on student learning achievement in terms of knowledge and attitude values in economics subjects.

Full Text:

PDF

References


Annisa, A. N. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa di Sekolah. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 1. https://doi.org/10.24014/0.8710124

Antika, C. R. (2019). Tingkat Kreativitas Siswa Dan Implikasinya Terhadap Program Pengembangan Kreativitas . Magister Psikologi Sains Fakultas Psikologi, Universitas Surabaya ciciliarindi@yahoo.co.id , 76-86.

Aprilia, Mulyani & Artono.(2016). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Wonoayu, Sidoarjo.e-Journal Pendidikan Sejarah, 4(2).

Bahar, S. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SMP Negeri Kota Bekasi. Jurnal Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah, 2(1), 2338–4158.

Citra, Yulia. 2012. “Pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran”. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), Vol. 1, No. (1): 238-239.

Darmadi, H. (2017). Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Dewi, Susanti(2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kreativitas Belajar terhadap Preastasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Sekota Pekanbaru.Jurnal Kependidikan Islam, 7(1).

Efendi, R., Ningsih, A. R., & Siregar, P. S. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 06 Rambah Samo. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(4), 555. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i4.7997

Emy, M. M. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter, Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Prestasi Belajar pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Syntax Transformation, 3(2), 6.

Malihatul Fitri, N., & Rokhana Sari, S. (2019). Pengaruh Kreativitas dan Minat Belajar terhadap Hasil belajar Matematika. Jurnal Silogisme, 4 (2), 68–73. http://journal.umpo.ac.id/index.php/silogisme

Mugiono. (2017). Pengaruh Pendidikan Karakter, Sumber Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Bidang IPS. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2), 77–85.

Nailah Malihatul Fitri, dan Sita Rokhana Sari. (2019). Pengaruh Kreativitas dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Soilogisme, 2(2).

Nurfaliza, N., & Hindrasti, N. E. K. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 4(1), 96. https://doi.org/10.31258/jta.v4i1.96-107.

Pratama, F., Firman, & Neviyarni. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar IPA Siswa Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index%

Rency Riwanti, A. H. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Pendidikan Karakter Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 572–581.

Safitri, V. N. (2021). Pengaruh Kreativitas dan Motivasi terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X di SMA Kristen Satya Wacana Salatiga. Jurnal Pendidikan, 30(3), 489. https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1856

Saragih, A. Y. N., Abi, A. R., Mahulae, S., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Hasil Belajar Tema Pahlawanku Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3980–3984. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/560

Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar, cet. 21. Jakarta: Rajawali Pers.

Sitorus, M., Gaol, R. L., Abi, A. R., & Tanjung, D. S. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Indahnya Kebersamaan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(6). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i6.8033

Trian Wahyuliono, Eddy Sutadjii, & Tuwoso.(2013). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Produktif Mesin di SMKN 1 Trenggalek. Jurnal Teknik Mesin, 2(1).

Wilda, Salwah, Ekawati, S. (2016.). Pengaruh Kreativitas dan Minat belajar terhadap hasil belajar Matematika Siswa .Jurnal Elektronik,2(1).

Winata, R., & Friantini, R. N. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kuala Behe. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(2), 85. https://doi.org/10.25273/jipm.v7i2.3663.

Wiyono, T. (2018). Pengaruh Motivasi Siswa dan Kreativitas Belajar terhadap Hasil Belajar PKn Siswa. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 90–101. http://e-journal.unipms.ac.id/index.php/citizenship




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v6i2.14428