Pengaruh Pengetahuan Produk dan Daya Tarik Promosi terhadap Minat Menggunakan Go-pay pada Kalangan Mahasiswa

Tuti Susanti - Universitas Negeri Padang
Rose Rahmidani - Universitas Negeri Padang

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of product knowledge and promotional attractiveness on interest in using Go-pay among Universitas Negeri Padang students. This type of research is causative. The population in this study were Universitas Negeri Padang students. The number of research samples was 96 people and selected using the purposive sampling technique. The data used is the type of primary data obtained through distributing questionnaires to Universitas Negeri Padang students with predetermined criteria. The analytical method used is multiple regression analysis using SPSS 16. The results show that (1) product knowledge has a significant effect on interest in using Go-pay, (2) Promotional attractiveness has a significant effect on interest in using Go-pay.

 Keywords : product knowledge, promotional appeal, interest


Full Text:

PDF

References


Ariani, M., & Rahmidani, R. (2020). Pengaruh Green Marketing dan Consumer Knowledge Terhadap Brand Image Produk Tupperware. Jurnal Ecogen, Vol. 3 No.(4), 572–583.

ASTUTY, T. D. (2018). PENGARUH PERSEPSI DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP MINAT PENGGUNAAN E-MONEY DALAM PERSPERKTIF EKONOMI ISLAM. In Energies (Vol. 6, Issue 1). http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8

Chen, H. S., Tsai, B. K., & Hsieh, C. M. (2017). Determinants of consumers’ purchasing intentions for the hydrogen-electric motorcycle. Sustainability (Switzerland), 9(8), 1–12. https://doi.org/10.3390/su9081447

Daoed, S., & Nugraha, F. P. (2019). Pengaruh Citra Merek Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Cbr 150 R Pada Pt. Indako Trading Co Cabang Jl. Makmur Medan. Jurnal Bisnis Corporate, 4(2), 165–188.

Febiana, D. (2014). PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Pengunjung yang Melakukan Pembelian pada Bikerâs Resto dan Cafe di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 16(1), 84966.

Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). CV Budi Utama.

Hanjaya, S. (2016). Pengaruh kualitas produk, pengetahuan produk dan keragaman menu terhadap keputusan pembelian produk capra latte. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(2), 181–190.

Husein, U. (2011). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. PT. Taja Grafindo Persada.

Kotler, P & Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13, Jilid 2. Erlangga.

Kris Nulufi, M. (2015). MINAT BELI SEBAGAI MEDIASI PENGARUH BRAND IMAGE DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK DI PEKALONGAN. 4(2), 129–141.

Kusumaningrum, D. A., & Wachyuni, S. S. (2020). of Tourism. Journal of Tourism and Economic, 3(1), 23–30.

Lin, N. H., & Lin, B. S. (2007). The Effect of Brand Image and Product Knowledge on Purchase Intention Moderated by Price Discount. Journal of International Management Studies., August, 121–132.

Ma, S. (2017). Article Information: International Journal Of Logistics Management. 28(4), 109.

Meiliani, N. (2016). Analisis Pengaruh Daya Tarik Desain Produk, Daya Tarik Promosi, Dan Persepsi Kualitas Terhadap Citra Merek Serta Dampak Terhadap Minat Pembelian Konsumen. Semarang , Universitas Diponogoro.

Mendrofa, Y. B. (2012). Effect of Product Knowledge and Brand Image To Purchase Intention With Hp Laptop Brand Price Discounts As Variables Moderated in Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 1(4), 1–6. http://jurnal.wima.ac.id/index.php/JUMMA/article/view/355

Nyssa, N., & Rahmidani, R. (2019). Pengaruh Perceived Trustworthiness, Perceived Risk Dan Perceived Ease of Use Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Online Jd.Id Di Kota Padang. Jurnal Ecogen, 2(3), 249. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i3.7331

Peter, J. P. (2010). Consumer Behavior & Marketing Strategy. McGraw Hill.

Pratiwi, T. S. (2015). Pengaruh Daya Tarik Promosi, Pengetahuan Produk, Persepsi Manfaat Dan Kesesuaian Harga Terhadap Minat Menggunakan Kartu Flazz Bca Dalam Menggerakan Financial Inclusion Di Surabaya. Jurnal Ilmiah.

Priambodo, S., & Prabawani, B. (2016). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(2), 127–135.

Purnama, C. A. (2012). Analisis Pengaruh Daya Tarik Promosi, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan Dan Harga Terhadap Minat Beli E-Toll Card Bank Mandiri (Studi Kasus pada Pengguna Jalan Tol di Kota Semarang). Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang, 21–26.

Rahardian, F. (2018). Efek Daya Tarik Promosi Dan Komunikasi Terhadap Minat Pembelian Mobil Suzuku Ertiga Di Jawa Timur. Sereal Untuk, 11–31.

Royan, F. M. (2007). Creating Distribution Strategy (Aplikasi Strategi Perang Sun Tzu dalam Pendistribusian Produk). PT Gramedia Pustaka Utama.

Saraswati, C. K. (2013). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Citra Merek, Daya Tarik Promosi, dan Desain Produk Terhadap Kemantapan Keputusan Pembelian Mobil Honda All New Jazz Dibandingkan Pesaing Sejenisnya (Studi Kasus Pada Konsumen Mobil Honda All New Jazz di K. 1–63.

Sari, M. A., Listiawati, R., Novitasari, N., & Vidyasari, R. (2019). Analisa Pengaruh Daya Tarik Promosi, Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Persepsi Keamanan Terhadap Minat Penggunaan E-Wallet. Ekonomi & Bisnis, 18(2), 126–134. https://doi.org/10.32722/eb.v18i2.2493

SARININGSIH, D. E. (2017). ANALISIS PENGARUH DAYA TARIK PROMOSI, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI NOTEBOOK ASUS (Studi Empiris pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Suarjana, I. K., & Suprapti, N. W. S. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Pengetahuan Produk, Dan Citra Perusahaan Terhadap Niat Beli Layanan Multi Servis Merek Indihome. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(4), 251833. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i04.p08

https://m.cnnindonesia.com/teknologi/2017120703-260930/pengguna-gopay-keluhkan-dugaan-curi- saldo-dan-penipuan.

https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20191205115250-33-120557/kolaborasi-dengan-pevita-pearce- iklan-gopay-bikin-terkesima.

https://mediakonsumen.com/tag/gopay.

http://www.gobear.com/id/blog/personal-finance/mana-lebih-untung-e-money-atau-kartu-debit.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v5i2.12871