Perancangan Media Video Belajar Beranimasi Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Siswa SMAN 3 Pariaman
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Hoyles, C., & Lagrange, J. B. (2010). Mathematics education and technology: Rethinking the terrain. New York, NY: Springer.
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42-54.
Hidayat, Wicak. Pengguna Internet Indonesia. https://kominfo.go.id/content/detail/4286/pengguna-internet-indonesia-nomor- enam-dunia/0/sorotan_media diakses 2 Maret 2020.
Haryanto, Agus Tri. Pengguna Internet didominasi Milenial 2019. Sumber https://inet.detik.com/telecommunication/d-4551389/pengguna-internet- indonesia-didominasi-milenial diakses 9 Maret 2020
Efendi, N. M. (2018). Revolusi Pembelajaran Berbasis Digital (Penggunaan Animasi Digital Pada Start Up Sebagai Metode Pembelajaran Siswa Belajar Aktif). Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi, 2(2), 173-182.
Noviyanto, T. S. H., Juanengsih, N., & Rosyidatun, E. S. (2015). Penggunaan media video animasi sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan hasil belajar biologi. EDUSAINS, 7(1), 57-63.
Putra, R. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Pada Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Reaksi Redoks (Doctoral dissertation, UNIMED).
Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan pendidikan, 8(1).
Susilana, R., Si, M., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.
Arsyad A. (2013). Media Pembelajaran. Edisi ke-16. Jakarta: Rajawali Pers.
Heong, Y.M, Othman, W.D.,Md Yunos, J., Kiong, T.T, Hassan, R., &Mohamad, MM. ( 2001). The Level Of Marzano Hihger Order Thinking SkillAmong Technical Education Students. International Journal Of Social and Humanity, Vol 1,No 2, July 2011, 121-125
Limbagh, B &Waugh W. (2010). Developing Higher Order Thinking .
Journal Of Instructional Pedagogis: 1-9
Sidharta, A. (2005). Media Pembelajaran. Bandung: Departemen Pendidikan.
Wirawan, G., Hurri, I., & Pandikar, E. (2018). Studi Komparatif: Analisis Implementasi Media Audiovisual dalam Pembelajaran IPS di Amerika Serikat dan Turki. JPIS: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(1), 43-51.
H. J. Choi and S. D. Johnson, “The Effect of Context-Based Video Instruction on Learning and Motivation in Online Courses,” Amer. J. of Dist. Edu., vol. 19, no. 1, pp. 215-227, 2010.
Sriyatun, S. (2017, February). Peningkatan Pemahaman Konsep Integral Tak Tentu Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Beranimasi. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 135-145).
Hendayani, H. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Dengan Menggunakan Power Point Beranimasi Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Bagi Siswa Smp (Pada Pola Dan Barisan Bilangan) (Doctoral Dissertation, Unpas).
Puspita, I. Efektivitas penggunaan media video animasi dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam kelas viii-1 di smp negeri 9 tangerang selatan (Bachelor's thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2017).
Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan media video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter kerja keras siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2).
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif—Progresif, (Jakarta: kencana Prenada media group, 2010), hlm.189
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v4i4.12431