Penerapan Aplikasi Boss-Tailor Dalam Peningkatan Literasi Digital Pada UMKM Jasa Jahit Di Kota Padang

Syamwil Syamwil - Universitas Negeri Padang
Sri Arita - Universitas Negeri Padang
Rita Syofyan - Universitas Negeri Padang
Muhammad Rakib - Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia

Abstract


Era globalisasi ditengah pandemi saat ini menjadikan ekonomi digital terus menunjukkan perkembangan seiring dengan kemajuan teknologi era revolusi industri 4.0. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin baik tentunya juga dapat di jangkau oleh penggiat ekonomi di tengah masyarakat. Baik ekonomi skala kecil dan menengah maupun skala besar. Mahasiswa dengan kematangan ilmu teori yang lebih dalam serta akses komunikasi yang lebih luas diharapkan mampu menjadi pelopor perkembangan ekonomi digital.  UMKM jasa jahit merupakan suatu usaha yang dalam kegiatannya secara langsung melayani konsumen akan memakai jasanya, seperti mengukur, fitting dan lain sebagainya. Kondisi COVID 19 saat ini membuat UMKM jasa jahit terkena dampak yang sangat mempengaruhi pendapatan jasa mereka. Dalam enam bulan terakhir semenjak COVID 19 diberitakan, terutama di kota padang yang memiliki kasus penderita COVID 19 yang signifikan, aktivitas masyarakat sangat dibatasi. Hal ini menuntut UMKM jasa jahit untuk dapat mengikuti kondisi dengan harus memulai usaha mereka melalui daring. Namun UMKM jasa jahit di Kota Padang dihadapkan dengan permasalahan minimnya pengetahuan tentang teknologi  serta bagaimana cara memasarkan produk, Mitra hanya berpikiran menjalankan usaha secara manual.  Berdasarkan paparan diatas maka sudah sepatutnya UMKM jasa jahit dikota Padang mendapatkan bimbingan berupa penggunaan teknologi atau aplikasi e-commerce yang memudahkan mereka untuk menjangkau pelanggan, serta penyediaan aplikasi berbasis android yang dapat memudahkan pelanggan untuk menemukan UMKM jasa jahit secara online. Beranjak dari kondisi ini maka perlu diciptakan aplikasi e commerce untuk membantu UMKM dalam meningkatkan literasi digital dan sebagai upaya less contact economy di masa pendemi covid 19 ini

Full Text:

PDF

References


Marlinah, L. (2019). Pentingnya peran perguruan tinggi dalam mencetak SDM yang berjiwa inovator dan technopreneur menyongsong era society 5.0. IKRA-ITH EKONOMIKA, 2(3), 17-25.

Indriyati, S. A. (2019). Peran Strategis Perguruan Tinggi Menyiapkan SDM Unggul, Mandiri dengan Jiwa Technopreneur.

Arrohman, S. (2013). Research and Business (RnB) Diponegoro University Dedicated for Indonesia Young Technopreneur to Built up the Bright Nation. Konferensi Nasional “Inovasi dan Technopreneurship, 18-19.

Tanjung, A., & Ganefri, G. (2020). Perkembangan Kewirausahaan Pada UMKM Universitas Lancang Kuning Pekanbaru Berbasis Teknologi. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 4(1), 1-8.

Siregar, D., Purnomo, A., Mastuti, R., Napitupulu, D., Sadalia, I., Sutiksno, D. U., ... & Simarmata, J. (2020). Technopreneurship: Strategi dan Inovasi. Yayasan Kita Menulis.

Endriani, A., & Hasrul, H. (2020). Evaluasi Program UMKM Wirausaha Tahun 2018 di Universitas Negeri Padang. Journal of Civic Education, 3(1), 92-100.

Hutari, T., Yulastri, A., & Yuliana, Y. (2020). Evaluasi Program UMKM Wirausaha Universitas Negeri Padang. Ensiklopedia Sosial Review, 2(1), 58-68.

Mulyono, S. E. (2015). Model Pemberdayaan Masyarakat Untuk Peningkatan Literasi Berbasis Kewirausahaan Usaha Mandiri Melalui Pkbm Di Kota Semarang. Journal of Nonformal Education, 1(1).

Marlina, A. (2018). LITERASI KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN NILAI SOSIAL DAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA GUNUNG MALANG. PROSIDING LPPM UIKA BOGOR.

Cosenz, F. (2017). Supporting start-up business model design through system dynamics modelling. Management Decision.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v4i4.12430