Dimensi Experiential Marketing Terhadap Visitor Satisfaction Pada Wisata Malang Night Paradise

Tri Ramadhan - Universitas Islam Malang
Nanik Wahyuningtiyas - Universitas Islam Malang

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of the Dimension Experiential Marketing (Y) on visitor satisfaction at Malang Night Paradise. The population taken in this study were visitors who came to visit Malang Night Paradise Tourism. This research includes visitor satisfaction variable as dependent variable and dimension experiential marketing variable as independent variable consisting of Sense(X1), Feel(X2), Think(X3), Act(X4) and Relate(X5). in this study using accidental sampling technique as many as 96 respondents. Simultaneously, the Experiential Marketing variable has a significant effect on visitor satisfaction of Malang Night Paradise. Then partially there are two variables that do not have a significant effect, namely the taste variable and the related variable. Meanwhile, the other three variables, namely feel (X2), think (X3), and act (X4) have a significant effect on the visitor satisfaction variable (Y) at Malang Night Paradise. With an R2 value of 63.7%, while 36.3% is influenced by other factors that can affect visitor satisfaction.

Full Text:

PDF

References


Algifari. 2000. Analisis Regresi: Teori, Kasus dan Solusi Edisi 2. Yogyakarta: BPFE UGM

Alma, Dan Buchari. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.

Andreani, Dan Fransisca. 2007.”Experiential Marketing (Sebuah Pendekatan Pemasaran)”. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol.2 No.1 April hal.1 – 8.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bitner, M. J. Dan Zeithaml, V. A. 2003. Service Marketing (3rd ed.). New Delhi: Tata McGraw Hill.

Dewi, Ratih Dkk. 2013. Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survwei Pada Pelanggan Tempat Wisaa Jawa Timur Park 1 Kota Wisata Batu). Fakultas Ilmu Administrasi. Universitas Brawijaya Malang

Ghozali, Dan Imam. 2007. Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: BP Universitas Diponegoro.

.2009. Aplikasi Analisis Multivarian Dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gujarati, Dan Damodar. 2003. Ekonometri Dasar, Terjemahan: Sumamo Zain, Jakarta: Erlangga

Grundey, Dan Daniora. 2008. Experiential Marketing vs Traditional Marketing. Dalam Romanian Economic Journal. Vol.11 No.3. Hal 133-151.

Handal, Nehemia S. 2010. Analisis Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas. Jurnal Manajemen Universitas Diponegoro.

Hasan, A. 2008. Marketing. Yogyakarta: Media Utama.

Indriantoro, Nur dan Supomo. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntasi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE

Jannah, Dan Miftahul. 2014. Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Pengunjung Museum sepuluh Nopember Surabaya. Fakultas Ekonomi. Universitas Trunojoyo Madura.

J.Setiadi 2010. Perilaku Konsumen, KENCANA prenada media group : Jakarta

Jatmiko, Dwi dan Andharini. 2012. Analisi Experiential Marketing dan Loyalitas Pelanggan Jasa Wisata (Studi pada Taman Rekreasi Sengkaling Malang). (Jurnal) Fakultas Ekonomidan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Malang.

Kartajaya, Hermawan. 2004. Hermawan Kartajaya on brand Seri 9 Elemen Marketing. Bandung: PT Mizan Pustaka.

. 2006. Hermawan Kartajaya On Marketing. Jakarta: PT Gramedia.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran DiIndonesia. Jakarta : Salemba Empat.

Kotler. P. 2009. Manajemen Pemasaran. : Analisa, Perencanaan, Implikasi dan Kontrol, Jilid I. Jakarta :PT Prenhallindo.

Kotler, Phillip. 2002. Manajemen Pemasaran 1. Milenium ed. Jakarta: PT Mowen

Kotler, Philip. 2005. Marketing management: Analysis, Planing, Implementation, Control. Ed. 8, New jersey: Prentice Hall, Inc.

Kotler, Philip and Keller. 2006. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.

dan Armstrong, Gary. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kustini. 2007, Penerapan Experiential Marketing. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis Vol. 7, No. 2. UPN “Veteran”Jawa Timur.

Lulluangi, Irene Rosa. 2014. Analisis Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen (Skripsi). Semarang: Universitas Diponegoro.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.

. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.

Priansa. 2017. Komunikasi Peamasaran Terpadu. Bandung: Pustaka Setia

Payne, Andrian. 2001. Pemasaran Jasa. Cetak Kedua. Yogyakarta. Andi And Pearson Education.

Priyatno, Dan Duwi. 2010. Tehnik Mudah Dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian Dengan Spss Dan

Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Yogyakarta: Gaya Media.

. 2012. Cara Kilat Belajar Analisis Data Dengan Spss 2.0. Yogyakarta: Andi.

Priyono, Agus. 2015. Analisis Data dengan SPSS. BPFE UNISMA

Raharso, Sri. 2005. Pengaruh Customer Delight terhadap Behavioral Intentions Battrey. Jurnal, Usahawan No. 5, mei 2005

Rini, Endang Sulistya. 2009. Menciptakan Pengalaman Konsumen Dengan Experienxial Marketing. Jurnal

Manajemen Bisnis. Vol II, No 1, h. 15-20.

Ruslan, dan Rosady. 2007. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi: Presepsi dan Aplikasi. Jakarta:

PT Raja Grafindo Persada.

Sa'roni, ‎2017. Pengaruh Dimensi Experiential Marketing Terhadap Kepuasan

Pengunjung (Studi Kasus Pada Taman Rekreasi Tlogomas Malang. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen e-Jrm Vol. 6 No. 1

Schmitt, B. 1999. Experiential marketing: How to get customers to sense, feel, think, act and relate to your company and brands. The Free Press, New York, USA.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 2008. Metode Penelitian Survei. Jakrta: LP3ES Indonesia.

Singgih, Dan Susanto. 2002. SPSS Versi 11.5 . Cetakan Kedua. Jakarta: Gramedia.

Soemantri, Ating dan Ali M, Sambas. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Binis. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis , Edisi ke-14. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandi. 2002. Manajemen Jasa. Yogyakarta : Andy.

. 2005. Pemasaran Jasa. Edisi 1. Malang. Bayu Media Publissing

. 2006. Pemasaran Jasa. Malang : Bayumedia Publishing.

. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta. Andi Offset

. 2014. Pemasaran Jasa: Prinsip Penerapan Dan Penelitian. Yoggyakarta. Andi Offset.

Umar, Dan Husen. 2012. Riset Sdm Dalam Organisasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Utami, Chistina Widya. 2006. Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat.

Wicaksono, Arry. 2005. Pengaruh Persepsi Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Klien dan Dampaknya Pada Preferensi Rekomendasi Klien. Jurnal Ekonomi Perusahaan, IBII Vol.12-No.3.

Wood, Ivonne. 2009. Layanan Pelanggan: Cara Praktis, Murah dan Inspiratif Memuaskan Pelanggan Anda. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yazid. 1999. Pemasaran Jasa. Fakultas Ekonomi. UII




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v4i4.12353