Analisis Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Laporan Arus Kas

Salma Taqwa - Universitas Negeri Padang
Erinos Erinos - Universitas Negeri Padang
Halkadri Fitra - Universitas Negeri Padang

Abstract


This study looks at the differences in teacher competence before the training in preparing cash flow reports compared to after the training. This training aims to improve the competence of vocational school teachers in accounting, which expects to increase student competence in the UKK Test. UKK test for SMK students, one of the materials, is the completion of the accounting cycle, including preparing cash flow statements. To know the results of the training, SMK teachers as participants did the pretest and posttest. Then, the T-test was carried out and resulted that Ho is rejected, and Ha is accepted. Thus, it can be concluded that this training increases the competence of teachers in preparing cash flow reports

Keywords : competence, training, cash flow statement


Full Text:

PDF

References


Dwi Martani, et.all. 2012, Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK, Buku 2, Salemba Empat, Jakarta

Elga Andina, 2018, Efektivitas Pengukuran Kompetensi Guru, Jurnal Masalah-Masalah Sosial, vol 9, no 2, hal 204-220

Hasan Saragih, 2008, Kompetensi Minimal Seorang Guru Dalam Mengajar, Jurnal Tabularasa, PPS Unimed, vol.5 no. 1, hal 23-34

Hans Kartikahadi, et.all, 2016, Akuntansi Keuangan Berdasarkan SAK Berbasis IFRS, Buku 1, edisi 2, Ikatan Akuntan Indonesia

Ikatan Akuntan Indonesia, Standar Akuntansi Keuangan, Salemba Empat, Jakarta

Jejen Musfah, 2012, Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktek, Kencana

Muh. Ilyas Ismail, 2010, Knerja dan Motivasi Guru Dalam Pembelajaran, Lentera Pendidikan, vol 13, no 1, hal 44-63

Ratna Anggraini, Nurmalia Hasanah, Ahmad Fauzi, Tri Hesti Utaminingtyas, 2018, Peningkatan Pemahaman Guru-guru SMK Melalui Pelatihan Akuntansi Pemerintah Guna Menyiapkan SDM Instansi Pemerintah, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, hal 338-354

Rina Novia Ulfa, 2018, Pelatihan Guru SMK Muhammadiyah 4 Slipi Jakarta Mengenai Business Letter Berbahasa Inggris, Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, vol 2 no 1 hal 61-67

Slameto, Bambang S. Sulasmoro, Krisma Widi Wardani, Peningkatan Kinerja Guru Melalui Pelatihan Beserta Faktor Penentunya, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, vol 27 no 2, hal 38-47

Sultoni, Imam Gunawan, Firda Dwi Pratiwi 2018, Perbedaan Motivasi Belajar Mahasiswa Antara Sebelum dan Sesudah Mengikuti Pelatihan Motivasional, Jurnal Kajian Teori dan Kependidikan, volume 3 nomor 1, hal 115-119

Umu Syaidah, Bambang Suyadi, Hety Mustika Ani, 2018, Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2017/2018, Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, vol 12 no 2, hal 185-191




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v4i3.12102