Pengaruh Potensi Diri, Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikanke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Padang

cici yulihendri - Universitas Negeri Padang
syamwil syamwil - Universitas Negeri Padang

Abstract


The purpose of this research is to determine the level of influence between “Self Potential, Economic Condition’s of Parents and Social Environment” on interest in continuing to the university 11th students of SMA Negeri 8 Padang. The research is a quantitative descriptive study using data collected with questionnaires and documentation. The sample used in this study is 170 students using proportional random sampling technique from 360 population with error rate 5%. The result of research, show that there are significant influence from the “self potential, economic condition’s of parents and social environment” as simultaneous on interest in continuing to the university among 11th students of SMA Negeri 8 Padang 60,9% while 39,1% is influenced bu other variables. “Self Potential there is a significant influence on interest in continuing to the university, Economic Condition’s of Parents (Parental Education and Parents Income) is influential but not significant on interest in continuing to the university and social environment there is a significant influence on interest in continuing to the university 11th students of SMA Negeri 8 Padang”.

Keywords : Self Potential, Economic Condition’s Of Parent, Social Environment and Interest in Continuing Education to Higher Education


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, D. A. (2016). Pengaruh Prestasi Belajar, Pendidikan Orang Tua, dan Informasi Penawaran Beasiswa S2 Terhadap Minat Melanjutkan Studi S2 Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FE UNY Angkatan 2012. Universitas Negeri Yogyakarta.

Daradjat, Z. (1976). Peran Agama dalam Kesehatan Mental. Bulan Bintang.

Darmawan, I. (2017). Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Pada Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 6, 2.

Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara.

Habsari, S. (2005). Bimbingan & Konseling SMA kelas XI. Grasindo.

Halimah, S. (2018). Tingkat Pendidikan dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi. Jurnal Paedagogie, VI, 1.

Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.

Handayani, F. (2018). Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Ditinjau Dari Lingkungan Sosial dan Potensi Diri (Studi Pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 6 Sukoharjo). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hasbullah. (2009). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Hurlock, E. B. (2006). Psikologi Perkembangan. Erlangga.

Idris. (2010). Aplikasi Model Analisis Data Kuantitatif dengan Program SPSS. FE UNP.

Indriyanti, D. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta Tahun 2013. Jurnal Pendidikan, 1–10.

Kharisma, N. (2015). Pengaruh Motivasi, Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi Di SMK Negeri Se-kota Semarang Tahun Ajaran 2004/. Universitas Negeri Semarang.

Maita, Y. N. (2017). Pengaruh Potensi Diri, Motivasi Siswa dan Pendapatan Orang Tua terhadap Minat Siswa Kelas XII SMK Negeri 2 Gunung Talang untuk Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi. STKIP PGRI SUMBAR.

Markum, M. E. (2007). Pendidikan Tinggi dalam Perspektif Sejarah dan Perkembangannya di Indonesia. UI Press.

Mufida, A. (2019). Pengaruh Pendapatan Orang Tua dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 2 Pariaman. Jurnal Ecogen, 2, 4.

Prihadhi, S. F. (2004). Assessment Centre, Identifikasi, Pengukuran dan Pengembangan Kompetensi. Gramedia Pustaka Utama.

Putri, O. A. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua, Tingkat Pendapatan Orang Tua dan Hasil Belajar terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi. Universitas Negeri Padang.

Sardiman, A. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.

Sari, W. F. (2015). Pengaruh Pendapatan Orang Tua, Lingkungan Sosial, Potensi Diri dan Informasi Perguruan Tinggi terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Kebumen. Universitas Negeri Semarang.

Sudremi, Y. (2007). Pengetahuan Sosial Ekonomi Kelas X. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2007). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v4i2.11070