Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Minat Siswa Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi

Indra Addnin - Universitas Negeri Padang
Z. Mawardi Effendi - Universitas Negeri Padang

Abstract


The purpose of this study was to see the effect of parental support and student motivation to continue their education to higher education at SMA Muhammadiyah 2 Padang. This type of research is descriptive quantitative. The population in this study were students of SMA Muhammadiyah 2 Padang. The number of research samples was 60 people and selected using saturated samples. The data used is the type of primary data obtained through distributing questionnaires to predefined students of SMA Muhammadiyah 2 Padang. The analytical method used is multiple regression analysis using SPSS 16. The results show that (1) parental support and learning motivation have a joint influence on students' interest in continuing education to higher education, (2) parental support has an influence on students' interest in continuing education to higher education, (3) learning motivation has an influence on students' interest in continuing education to higher education. interest of students to continue education to college.

 

Keywords : : parental support, learning motivation, student interest


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Aryianto, Elfin Ardi. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Minat siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jogonalan untuk Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi tahun ajaran 2015/2016. Jurnal pendidikan

Badan Pusat Statistik. Tingkatan Pendapatan. Diakses melalui https://www.bps.go.id pada tanggal 23 Februari 2019

Fitriani, Khoerunisa. 2014. PengaruhMotivasi, PrestasiBelajar, Status SosialEkonomi Orang Tua Dan LingkunganSekolahTerhadapMinatMelanjutkanPendidikanKePerguruan Tinggi PadaSiswaKelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Kendal. Economic Education Analysis Journal UNNES. 3(1)

Indriyanti, Ninuk. Dkk. 2013. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta tahun 2013. JurnalPendidikan UNS 1(2): 1-10

Nurjannah, Lystia Aryanti. Dkk. 2016. Pengaruh Prestasi Belajar, Motivasi Belajar, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi: Economic Education Analysis Journal UNNES 5 (2): 495-504

Purwanto. M. Ngalim. 2017. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ramadhan, R., Usman, M., & Armiati, A. (2018). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi (Studi Pada Siswa SMK Nasional Padang). Jurnal Ecogen, 1(1), 140-147.

Rokhimah, S. (2014). Pengaruh dukungan sosial dan efikasi diri terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(3).

Slameto.2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Memperngaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suciningrum, Nike Pratiwi. dkk. 2015. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Motivasi Belajar Tehadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Kelas XI Di SMA Pusaka 1 Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis UNJ. 3(1)

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarmono. 2012. Minat Masuk Perguruan Tinggi bagi Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) pada SMK di Kecamatan Mranggen. Dalam Juornal of Education. Hal 1-10 Semarang: FKIP: IKIP PGRI.

Yuniarti, Rahma. dkk. 2017. Pengaruh Pendapatan Orang Tua, Lingkungan Sosial dan Informasi Perguruan Tinggi Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XI IPS Madrasah Aliyah NU 01 Limpung Kabupaten Batang. Economic Education Analysis Journal UNNES 6 (3): 843-852

Yusuf.A.Muri. 2009. Metodologi Penelitian dasar-dasar penyelidikan ilmiah. Padang: UNP Press




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v4i1.11038