Pengaruh Differensiasi Produk dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mukena Bordir Khas Bukittinggi

Susanti Utami - Universitas Negeri Padang)
Thamrin Thamrin - Universitas Negeri Padang

Abstract


Abstract : The purpose of this study was to determine the effect of product differentiation and product quality on purchasing decisions for the typical Bukittinggi embroidery mukena among the people of Bukittinggi City. This research is a causative research. The population in this study were the native people of the City of Bukittinggi. The number of research samples was 100 people and were selected using purposive sampling technique. The data used are primary data obtained through distributing questionnaires to the native people of Bukittinggi with predetermined criteria. The analytical method used is multiple regression analysis using SPSS 22. The results showed that (1) product differentiation and product quality have a positive and significant effect on purchasing decisions, (2) product differentiation has a positive and significant effect on purchasing decisions (3) product quality has a positive and significant influence on purchasing decisions.

 

Keywords: product differentiation, product quality and purchasing decision


Full Text:

PDF

References


Crespi, J., & Marette, S. (2002). Generic advertising and product differentiation. American Journal of Agricultural Economics, 84(3), 691-701.

Desai, P., Kekre, S., Radhakrishnan, S., & Srinivasan, K. (2001). Product differentiation and commonality in design: Balancing revenue and cost drivers. Management Science, 47(1), 37-51.

Elan, U., & Edditio, E. (2012). Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Wtc Surabaya. Gema Ekonomi

Gerung, C. J., Sepang, J., & Loindong, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail Pada PT. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen,

Gotomo, E., & Wahyudi, A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian di Pochette. PERFORMA, 2(2), 219-227.

Kotler, Philip dan Gary. Amstrong. (2008). Prinsip Prinsip Pemasaran. Jilid satu dan dua Edisi tiga belas. Alih Bahasa Bob Sabran. Jakarta : Indeks

Kotler, Philip dan Kevine Lare Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi ke Tiga Belas Jilid 2 Alih Bahasa Bob Sabran . Jakarta : Erlangga.

Nindyawati, V. (2015). Pengaruh Gaya Hidup Dan Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 2(4).

Ong, I. A. (2013). Analisa pengaruh strategi diferensiasi, citra merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pelanggan di Cincao Station Grand City, Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), 1-11.

Pandensolang, J. D., & Tawas, H. N. (2015). Pengaruh diferensiasi, kualitas produk dan ekuitas merek terhadap keputusan pembelian Coca-Cola pada PT. Bangun Wenang Beverges Company di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(3).

Saidani, B., Rachman, M. A., & Rizan, M. (2013). Pengaruh kualitas produk dan desain produk terhadap keputusan pembelian sepatu olahraga futsal adidas di wilayah Jakarta Timur. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 4(2), 201-217.

Sahetapy, J. P. (2013). Diferensiasi Produk, Strategi Merek, Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Meubel UD Sinar Sakti Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Susanti, D., Wibowo, S. B., & Murwani, J. (2013). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kerajinan Kulit Pada Industri Kerajinan Kulit “Figha” Magetan. Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan,

Syarif, S., & Mundir, F. (2008). Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Flashdisk Kingston (Survei pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Manajemen Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia Angkatan 2003 sampai dengan Angkatan 2007). Strategic: Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis

Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v4i1.11012