Implementasi Logika Fuzzy Mamdani untuk Menentukan Tingkat Kecemasan Akademik Dalam Penulisan Skripsi Mahasiswa Departemen Matematika Universitas Negeri Padang
Abstract
Kecemasan adalah kondisi psikologis seseorang yang dipenuhi rasa takut, gelisah dan khawatir terhadap hal yang belum pasti akan terjadi. Mahasiswa dalam menyusun skripsi dapat mengalami kecemasan yang disebabkan oleh beberapa hal seperti tekanan akademik, tuntutan tugas, kekhawatiran akan masa depan, gangguan tidur atau masalah finansial. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tingkat kecemasan dalam penulisan skripsi pada mahasiswa Departemen Matematika Universitas Negeri Padang angkatan 2018-2020. Dalam penelitian ini digunakan metode Fuzzy Mamdani yang dipilih karena mampu memberikan penilaian yang lebih fleksibel dengan mengubah nilai crisp menjadi nilai linguistik dan hasil ouput yang diberikan berupa nilai crisp. Penerapan Fuzzy Mamdani dirancang berdasarkan konsultasi dengan pakar di bidang psikologi. Indikator yang digunakan adalah tiga variabel, yaitu fisiologis, kognitif, dan emosional masing masing dengan gejalanya, kemudian tingkat kecemasan diklasifikasikan ke dalam tiga kategori yaitu rendah, sedang, dan tinggi. Data diperoleh melalui kuesioner dengan melibatkan 50 responden yang merupakan mahasiswa Departemen Matematika, kemudian dianalisis menggunakan metode fuzzy Mamdani. Data kecemasan didapatkan melalui kuesioner TMAS (Taylor Manifest Anxiety Scale). Penelitian ini memperoleh hasil bahwa sebanyak 30 orang (60%) mengalami kecemasan rendah, 12 orang (22%) mengalami kecemasan sedang dan 8 orang (18%) mengalami kecemasan tinggi. Kemudian hasil tingkat kecemasan menggunkan fuzzy Mamdani dibandingkan dengan hasil kecemasan berdasarkan penilian pakar psikologi. Dengan demikian dapat diartikan bahwa tingkat kecemasan dalam penulisan skripsi mahasiswa Departemen Matematika Universitas Negeri Padang lebih banyak berada pada kategori rendah, yaitu sebanyak (60%) dari total responden.
Kata Kunci : Logika Fuzzy, Fuzzy Mamdani, Kecemasan Akademik
Full Text:
PDFReferences
V. Tasril, M. Iqbal, and F. M. Yuma, “Analyzing the Level of Anxiety Disorders of Final-Year Students by Applying the Fuzzy Mamdani Method,” J. Ris. Inform., vol. 5, no. 3, pp. 339–344, 2023, doi: 10.34288/jri.v5i3.545.
K. Y. P. Sze, E. K. P. Lee, R. H. W. Chan, and J. H. Kim, “Prevalence of negative emotional eating and its associated psychosocial factors among urban Chinese undergraduates in Hong Kong: a cross-sectional study,” BMC Public Health, vol. 21, no. 1, pp. 1–10, 2021, doi: 10.1186/s12889-021-10531-3.
D. D. B. Situmorang, “Mahasiswa Mengalami Academic Anxiety Terhadap Skripsi? Berikan Konseling Cognitive Behavior Therapy Dengan Musik,” J. Bimbing. Dan Konseling Ar-Rahman, vol. 3, no. 2, pp. 31–42, 2017, [Online]. Available: https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/BKA/article/view/1161
A. J. Ottens, Coping with academic anxiety. 1991.
R. L. Atkinson, R. C. Atkinson, E. E. Smith, and D. J. Bem, Pengantar psikologi, jilid 2. 2010.
R. S. Ismunu, A. S. Purnomo, R. Yunita, and S. Subardjo, “Sistem Pakar Untuk Mengetahui Tingkat Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi Menggunakan Metode Multi Factor Evaluation Process Dan Inferensi Fuzzy Tsukamoto,” Proceeding SENDIU 2020, pp. 978–979, 2020, [Online]. Available: https://sidiq.mercubuana-yogya.ac.id/sistem-pakar-untuk-mengetahui-tingkat-kecemasan-mahasiswa-dalam-menyusun-skripsi-menggunakan-metode-multi-factor-evaluation-process-dan-inferensi-fuzzy-tsukamoto/
J. A. Taylor, “A Personality Scale of Manifest Anxiety.” Journal of Abnormal and Social Psychology,” J. Abnorm. Soc. Psychol., pp. 48(2): 285–90., 1953.
D. Jeffrey S. Nevid, “Psikologi Abnorma,” in Psikologi Abnormal, Edisi keli., Erlangga, Ed., Jakarta, 2005, p. Jilid 1.
T. Tanugeraha, A. J. Santoso, and S. P. Adithama, “Pengelompokan Gangguan Kesehatan Mental Mahasiswa yang sedang Menempuh Skripsi dengan Metode Fuzzy Mamdani,” J. Inform. Atma Jogja, vol. 4, no. 1, pp. 77–84, 2023, doi: 10.24002/jiaj.v4i1.7445.
M. Muzarafah and M. Marlina, “Penerapan Metode Fuzzy Mamdani Dalam Diagnosa Virus Penyebab Penyakit Pada Kucing,” J. Sintaks Log., 2022, doi: 10.31850/jsilog.v2i3.1848.
(2016) Sugiyono, “Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. CV. Alfabeta. Bandung.,” 2012.
S. H. Kusumadewi, “Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM),” Graha Ilmu Yogyakarta, 2006.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/unpjomath.v10i1.17100